Satuan Pendidikan : SMP/ MTs
Kelas/ Semester : IX / Gasal
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kelas/ Semester : IX / Gasal
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Sistem reproduksi manusia
|
Mengamati :
· Mengamati gambar sistem reproduksi manusia.
Menanya :
· Tanya jawab tentang fungsi sistem reproduksi manusia beserta
organ-organ penyusunnya. Samakah
susunan organ penyusun sistem reproduksi hewan mamalia dengan manusia ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan pembedahan hewan mamalia seperti kelinci, marmot,
atau tikus putih untuk melihat organ reproduksinya.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan berupa gambar sistem reproduksi hewan
mamalia pada lembar kerja.
· Menentukan bagian-bagian organ pada gambar sistem reproduksi
hewan yang telah dibuat.
· Membandingkan sistem reproduksi hewan dengan manusia untuk
mengetahui fungsi organ-organ reproduksi dengan mencari informasi pada buku
atau suber belajar lainnya yang relevan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil pekerjaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang sistem reproduksi
manusia serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
|
Tugas
· Kunjungilah suatu pusat kesehatan (klinik/
puskesmas/ rumah sakit). Carilah
informasi tentang kelainan dan penyakit sistem reproduksi
pada manusia dan cara mencegahnya..
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh Soal PG:
Perhatikan
gambar berikut !
Tempat pembentukan sel telur pada manusia ditunjukkan
oleh nomor .....
a. 1
c. 3
b. 2 d. 5
|
2 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.1 Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi, dan penerapan pola
hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
||||||||
4.1
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya.
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Sistem Reproduksi Tumbuhan dan Hewan
|
Mengamati
:
· Mengamati kebun singkong di halaman sekolah atau di luar
sekolah.
Menanya :
· Tanya jawab tentang bagaimana cara menanam pohon
singkong. Jika dengan menggunakan
potongan batang tanaman singkong (stek batang), apakah posisi mata tunas
mempengaruhi pertumbuhan tanaman ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan menanam pohon singkong menggunakan
potongan batang (stek batang).
Sekelompok batang ditanam dengan mata tunas ke atas, sedangkan
sebagian lainnya dengan mata tunas menghadap ke bawah (tanah).
Asosiasi :
· Mencatat data pertumbuhan tinggi tanaman singkong tiap
minggunya hingga 2 bulan..
· Mengolah data percobaan ke dalam tabel dan grafik.
· Menyimpulkan cara menanam pohon singkong yang baik dengan stek
batang berdasarkan data yang diperoleh dari hasil percobaan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang cara-cara reproduksi
tumbuhan secara vegetatif dan generatif beserta sifat keturunannya.
Mengamati
:
· Mengamati lalat buah (Drosophila).
Menanya :
· Tanya jawab tentang bagaimana cara Drosophila melakukan reproduksi.
Apakah Drosophila melakukan
repoduksi dengan membelah diri, beranak, atau bertelur ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan mengawinkan lalat Drosophila dalam botol yang berisi makanan berupa pisang yang
dilumatkan. Lalat Drosophila dapat diperoleh dengan meletakkan potongan buah
seperti pisang di halaman sekolah.
Kemudian menangkap dan memasukkan beberapa lalat ke dalam botol.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan kondisi lingkungan di dalam botol
tiap harinya selama 2 minggu.. Amati keberadaan telur dan larva di sekitar
lumatan pisang.
· Menyimpulkan cara reproduksi lalat Drosophila berdasarkan hasil pengamatan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang cara-cara reproduksi
hewan beserta sifat-sifat keturunannya.
|
Tugas
Tumbuhakanlah tanaman
dengan teknik reproduksi vegetatif di lingkungan sekolah.
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal
PG :
Perhatikan
gambar organ reproduksi tikus betina berikut !
Alat reproduksi yang menghasilkan embrio ditunjukkan
oleh nomor ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
|
2 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.2 Memahami
reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
||||||||
4.2
Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Perkembangan Penduduk dan Dampak
Lingkungan
|
Mengamati
:
· Mengamati gambar lingkungan yang rusak akibat jumlah penduduk
yang meningkat.
Menanya :
· Tanya jawab tentang pengaruh ledakan penduduk terhadap
lingkungan. Apakah limbah yang
dihasilkan penduduk, seperti detergen berpengaruh terhadap lingkungan ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan dengan akar bawang merah, pengaruh
petumbuhan akar bawang merah terhadap limbah detergen. Akar bawang merah ditumbuhkan dengan cara
merendam sebagian siungnya selama ± 1minggu.
Akar bawang merah direndam dalam larutan detergen dengan konsentrasi
berbeda.
Asosiasi :
· Mencatat data pengukuran panjang akar bawang merah tiap
harinya selama 3 hari.
· Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menyimpulkan pengaruh limbah detergen terhadap pertumbuhan
akar tanaman.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang pengaruh perkembangan
penduduk terhadap lingkungan.
|
Tugas
Buatlah tulisan tentang
dampak perkembangan penduduk terhadap lingkungan.
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal PG
:
Perhatikan grafik berikut !
Penjelasan yang benar mengenai hubungan antara
populasi manusia yang berlebihan dengan tingkat pencemaran adalah ……..
a. tidak ada hubungan antara peningkatan
populasi manusia dengan tingkat pencemaran.
b. apabila penduduk bertambah, pencemaran
lingkungan juga meningkat.
c. apabila penduduk di suatu daerah
berlebihan, pencemaran lingkungan menurun.
d. pertambahan penduduk akan membuat laju
pencemaran lingkungan terkendali.
|
1 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.3 Mendeskripsikan
penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
||||||||
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Atom, Ion dan Molekul
|
Mengamati
· Mengamati benda-benda yang ada di sekitar baik benda hidup
maupun benda mati. Semua benda-benda tersebut tersusun atas molekul-molekul.
Kemudian mengamati kapur tulis yang
dihancurkan sampai menjadi butir-butir yang sangat halus, bahkan tidak bisa
dilihat lagi oleh mata.
Menanya
1.
Disebut
apakah bagian yang sangat kecil dari suatu zat?
2.
Bagaimana
sifat bagian terkecil dari benda
(kapur) yang kita hancurkan tersebut dibandingkan sifat benda sebelum
dihancurkan?
3.
Apa
yang terjadi jika bagaian yang sangat kecil dari zat tersebut bersegekan
dengan udara atau dengan bagian benda
yang lain?
Eksperimen/explore
Study
literature tentang konsep atom, molekul di buku-buku refrentsi
Asosiasi
1.
Menganalisis
data yang diperoleh dari literature sampai memperoleh kesimpulan tentang
konsep atom, ion dan molekul.
2.
Menyimpulkan
hasil analisis data tentang atom, ion dan molekul.
Komunikasi
1.
Mempresentasikan
kesimpulan yang diperoleh dari analisis data, sehingga mampu membedakan
karakteristik atom, ion, dan molekul berikut contoh-contohnya.
2.
Menggambarkan
konfigurasi atom.
|
Tugas
1.
Study
literature untuk mendapat konsep tentang atom, ion, dan molekul.
2.
Study
literature tentang pendapat para ahli tentang atom.pak ditemukannya teori
quantum atau revolusi iptek.
3.
Membuat
tulisan dam
4.
Mengerjakan
PR yang berhubungan dengan:
a.
konsep atom, ion, dan molekul.
b.
Contoh atom,
ion dan molekul
Observasi
-Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Mengumpulkan
hasil laporan:
1.
tulisan
pendapat para ahli tentang atom
2.
tulisan
dampak ditemukannya teori Quantum.
3.
tulisan
tentang fisika masa depan sehubungan adanya revolusi IPTEK
Tes (Contoh soal)
1.
Tertulis
(PG)
1)
Berikut ini
partikel yang terdapat dalam inti atom adalah …
a. nukleon
dan proton
b. proton
dan electron
c. proton
dan neutron
d. nukleon
dan elektron
2)
Sebuah atom
bisa bermuatan listrik negative, karena ….
a. menangkap
proton dari luar
b. kehilangan
electron
c. memperoleh
electron dari luar
d. kehilangan
proton
2.
Uraian
Intan dan
arang, sama-sama tersusun dari atom karbon, mengapa memiliki sifat yang
berbeda?
|
1 x 5 JP
|
Buku
Kemendikbud,
Internet
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
2.5
|
||||||||
3.4 Mendeskripsikan atom dan
partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik
material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Listrik Statis
|
Mengamati
Peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan listrik statis, misalnya penggaris
plastik yang telah digosok, dapat menarik kertas yang disobek kecil-kecil.
Menanya
Diskusi
tentang:
1.
Gejala listrik pada benda
2.
Gaya listrik
3.
Prinsip kerja elektroskop
Eksperimen/explore
1.
Gejala listrik pada benda (penggaris plastik yang bersih atau masih
baru, kaca, kain sutra, kain wol, kertas yang di sobek kecil-kecil)
2.
Gaya akibat muatan
listrik (penggaris plastik yang bersih atau masih baru 2 buah 2 buah , kaca,
kain sutra 2 helai, kain wol 2 helai, benang dan statif masing-masing 1 buah)
3.
Prinsip kerja elektroskop
Asosiasi
1.
Menganalisis
data untuk mendapakan konsep gejala listrik
2.
Menganalisis
data untuk mendapatkan sifat-sifat muatan listrik
Komunikasi
1.
Membuat
laporaneksperimen tertulis
2.
Mempresentasikan
hasil eksperimen
|
Tugas
1.
Membuat tulisan tentang hubungan antara
listrik statis dengan terjadinya petir dan cara menanggulangi agar tidak
tersambar petir
2.
Diskusi
kelompok membahas hasil eksperimen listrik statis
3.
Membuat
laporan eksperimen listrik statis
Observasi
Mengamati kegiatan eksperimen dan menilainya dengan
menggunakan rubrik.
Portofolio
Kumpulan:
1.
Laporan
tertulis kelompok hasil eksperimen
2.
Laporan (tulisan) tentang terjadinya petir
dan upaya menghindari sambaran petir.
Tes Tulis
Contoh PG
Sepotong Kaca akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan kain
sutera karena ....
a.
elektron dari kaca pindah ke sutera
b.
proton dari kaca pindah ke sutera
c.
elektron dari sutera pindah ke kaca
d. proton dari sutera pindah ke kaca
Uraian
Jelaskan dan
gambar prinsip kerja elektroskop yang digunakan untuk mengetahui apakah
sebuah benda bermuatan listrik atau tidak.
|
1 x 5 JP
|
·
Buku
paket,
·
Lembar
kerja Praktikum
·
Buku
atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.5 Memahami
konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik,
kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang
mengandung listrik
|
||||||||
4.5 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Rangkaian Listrik dan Sumber Energi
Listrik
|
Mengamati
Rangkaian
sebuah baterai yang dihubungkan dengan sebuah lampu dan rangkaian dua buah
lampu dengan sebuah lampu.
Menanya
1.
Mengapa
nyala lampu lebih terang jika dihubungkan dengan dua buah baterai yang
dirangkai secara seri?
2.
Manakah
energy yang lebih besar digunakan oleh lampu terseut?
3.
Bagaimana
cara mengitung besarnya energy yang digunakan lampOhm.
4.
u
tersebut?
5.
Adakah
cara-cara menghemat energy?
6.
Bagaimana
cara menghemat energy?
7.
Adakah
sumber energy lain selain baterai?
Eksperimen/explore
Eksperimen
rangkaian untuk menyelidiki :
1.
Hukum Ohm.
2.
Rangkaian
seri dan parallel
3.
Hukum
Kirchoff
4.
Energy
listrik
Asosiasi:
Menganalisis
data hasil percobaan Hukum Ohm, Hukum
Kirchoff,Rangkaian seri dan parallel untuk membuat kesimpulan hubungan
antara:
c.
V,
R dan I ( Hukum Ohm)
d.
Besarnya
hambatan pada rangkaian seri maupun parallel.
e.
Jumlah
kuat arus yang masuk dan yang keluar dari titik cabang
f.
V,
I dan t terhadap W
Komunikasi
1.
Membuat
laporan dari percobaan
2.
Mempresentasikan
hasil percobaan
3.
Mampu
menyusun bagaimana hambatan disusun seri maupun parallel.
4.
Membuat
kesimpulan bagaimana cara menghemat listrik
5.
Mempresentasikan
cara menghemat listrik
6.
Mempresentasikan
sumber-sumber energy yang memy listrik
alternatif.
|
Tugas
Proyek
1.
Membuat
tulisan tentang cara menghemat pemakaian energi listrik
2.
Membuat
karya sederhana yang mengasilkan energy listrik
3.
Diskusi dan
membuat laporan eksperimen
Observasi
Mengamati
eksperimen dengan rubric penilaian
Portofolio
Kumpulan:
1.
Laporan
eksperimen
2.
Laporan
tugas proyek
Tes (Contoh Soal)
Tertulis
Pilihan Ganda (PG)
1.
Perhatikan gambar!
Rangkaian
hambatan tersebut dapat diganti
dengan sebuah hambatan yang besarnya...
a.
70 ohm
b.
55 ohm
c.
20 ohm
d. 5 ohm
|
2 x 5 JP
|
·
Buku
paket,
·
Lembar
kerja Praktikum
·
Buku
atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.6 Mendeskripsikan
karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber
energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam
menghemat energi listrik, serta serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
|
||||||||
4.6 Melakukan penyelidikan untuk menemukan
karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan
tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
|
Kemagnetan, Induksi Elektromagnet
|
Mengamati
1.
Sebuah
magnet dapat menarik benda-benda seperti besi, baja yang ada di sekitarnya.
2.
Jarum
kompas yang digantung pada statif menggunakan benang.
Menanya
1.
Mengapa
benda-benda seperti besi dan baja yang ada di sekitar magnet, dapat ditarik oleh
magnet?
2.
Mengapa
jarus kompas yang digantung pada statif menggunakan benang (bergerak bebas)
selalu menujuk arah utara dan selatan bumi?
3.
Apakah
penggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari?
4.
Apa
hubungan antara hewan-hewan dengan listrik dalam mencari makan atau migrasi?
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen, sehingga menghasilkan data tentang:
1.
Sifat
kemagnetan
2.
Electromagnet
3.
Induksi
Elektromagnet
4.
Trafo,
dynamo sepeda
Asosiasi
1.
Menganalisis
data untuk menentukan sifat-sifat kemagnetan
2.
Menganalisis
data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan
magnet dan factor-faktor yang menentukan besarnya medan magnet.
3.
Menganalisis
data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar medan magnet terdapat arus
listrik dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya arus listrik yang
dihasilkan.
4.
Menganalisis
data untuk menentukan hubungan antara tegangan, jumlah lilitan dan kuat arus
pada trafo.
Komunikasi
1.
Mempresentasikan hasil
percobaan
2.
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektro-magnetik (misalnya bel listrik dan induksi elektromagnetik misalnya
trafo sederhana)
|
Tugas
1.
Membuat alat
sederhana yang memfaatkan electromagnet, misalnya bel listrik dsb.
2.
Membuat
tulisan transmisi daya listrik jarak jauh dari pusat pembangkit listrik sampai
ke kota-kota.
3.
Membuat
laporan hasil eksperimen
Observasi
Mengamati
eksperimen electromagnet, induksi electromagnet.
Portofolio
Kumpulan:
1.
Laporan
tugas proyek
2.
Laporan
eksperimen
Tes (Contoh Soal)
PG
1. Sebuah transformator
mempunyai kumparan primer dan sekunder sebanding 500 dan
5.000, dihubungkan dengan
jaringan bertegangan arus
bolak balik 220 V. Berapa tegangan
keluaranya?
a. 220 V
b. 1.100 V
c. 2.200 V
d. 22.000 V
2. Daya pada kumparan primer dari sebuah trafo step up adalah 300 watt. Jika daya pada
kumparan sekundernya 150
watt.efesiensi trafo tersebut adalah....
a. 25 %
b. 75 %
c.. 50 %
d. 100 %
|
3 x 5 JP
|
·
Buku
paket,
·
Lembar
kerja Praktikum
·
Buku
atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukanpengamatan,percobaan,
dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.7 Mendeskripsikan
konsep medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk
teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan dan migrasi
|
||||||||
4.7 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan
prinsip elektromagnetik dan/ atau induksi elektromagnetik
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Hereditas Manusia
|
Mengamati
:
· Mengamati gambar anak kembar dengan penampilan yang hampir
sama.
Menanya :
· Tanya jawab tentang keanekaragaman genetis pada manusia. Apakah manusia yang satu dengan yang lain
memiliki perbedaan ciri-ciri morfologi ?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum keanekaragaman genetis pada manusia
menggunakan cakram genetika. Ciri-ciri
anatomi yang diamati adalah : Ujung
daun telinga yang bebas dan yang melekat, ibu jari dapat dibengkokkan dan
yang tidak, bulu mata yang panjang dan yang pendek, rambut yang lurus dan
tidak lurus, adanya rambut pada ruas tengah jari-jari tangan dan tidak ada
rambut, golongan darah A, B, AB dan O.
Asosiasi :
· Mengolah data percobaan ke dalam tabel.
· Menyimpulkan hasil praktikum keanekaragaman genetis
berdasarkan data yang diperoleh.
· Menentukan faktor yang mempengaruhi keanekaragaman genetis
dengan mencarinya dari berbagai sumber belajar.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk presentasi di depan kelas.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang keanekaragaman genetis
manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Mengamati :
· Mengamati gambar persilangan tanaman ercis (Pisum sativum).
Menanya :
· Tanya jawab tentang kemungkinan keturunan yang dihasilkan dari
persilangan induk dengan satu dan dua sifat beda. Apakah terdapat pola penurunan sifat yang
diwariskan dari induk kepada keturunannya ?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum penurunan sifat mahluk hidup menggunakan
kancing genetika (dapat digantikan dengan kancing baju).
Asosiasi :
· Mengolah data percobaan ke dalam tabel.
· Menyimpulkan hasil praktikum penurunan sifat mahluk hidup
berdasarkan data yang diperoleh.
· Memformulasikan pola perbandingan sifat hasil persilangan
mahluk hidup.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk presentasi di depan
kelas dan laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang hukum pewarisan sifat
mahluk hidup.
|
Tugas
Carilah informasi dari
berbagai sumber tentang penerapan pemuliaan mahluk hidup menggunakan
prinsip-prinsip hereditas..
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal
PG :
Perhatikan diagram persilangan bunga
berikut !
Sifat keturunan pada F2 apabila F1 disilangkan antar
sesamanya adalah ....
a. 3 merah : 1 putih
b. 3 putih : 1 merah
c. 1 merah : 2 merah
muda: 1 putih
d. semua merah
|
2 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.8 Mengidentifikasi
proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk
hidup
|
||||||||
4.8 Melakukan percobaan sederhana untuk
menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
PRODUK TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN
|
Mengamati :
Mengamati
tayangan tentang proses hingga menjadi produk dari teknologi ramah
lingkungan. Misalnya produk pertanian
organik, biodisel.
Menanya :
·
Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan?
·
Syarat apa saja yang menentukan sebuah teknologi dimasukkan ke dalam
kelompok ramah lingkungan?
·
Apa saja contoh proses
dan produk teknologi ramah lingkungan?
Eksperimen/explore :
Studi
literatur tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dari buku
maupun sumber referensi lainnya.
Asosiasi :
· Menganalisis data yang diperoleh dari literatur hingga
memperoleh kesimpulan proses dan produk teknologi ramah lingkungan.
· Memerikan contoh-contoh proses dan produk teknologi ramah
lingkungan dan yang tidak ramah lingkungan.
Komunikasi :
Mempresentasikan
hasil studi literatur di depan kelas tentang proses dan produk teknologi
ramah lingkungan.
|
Tugas
Carilah informasi tentang
kerusakan di lingkungan sekitar akibat teknologi yang tidak ramah
lingkungan. Buatlah tulisan tentang
cara mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan prinsip-prinsip teknologi
ramah lingkungan.
Observasi
-
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
1 x 5 JP
|
Buku paket
serta sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.10 Membedakan
proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
||||||||
4.10 Menyajikan data dan informasi tentang proses
dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
|
||||||||
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Bioteknologi dan Produksi
Pangan
|
Mengamati
:
· Mengamati gambar,
tayangan dan atau bacaan
yang berhubungan dengan produksi pangan.
Menanya :
· Apa saja produksi pangan itu ?
· Mengapa kita bergantung pada produksi
pangan?
· Bagaimana menghasilkan produksi pangan?
· Mengapa ada yang gagal panen?
Eksperimen/explore :
· Melakukan stufi literatur tentang
produksi padi dalam rangka usaha peningkatan hasil panen.
· Alternatif lain berupa survey di
lingkungan sekitar tentang produk pangan unggulan yang dihasilkan.
Asosiasi :
· Mencari hubungan antara peningkatan
produksi pangan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
· Mencatat produk pangan unggulan di
sekitar dan menghubungkannya dengan perkembangan teknologi.
.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
· Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan
kelas.
|
Tugas
Carilah informasi tentang
produksi padi dan usaha untuk meningkatkan
produksi.
Alternatif lain: mencari data/ informasi tentang produk pangan
unggulan di sekitar
Observasi
-
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
1 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan,
dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
||||||||
4.9 Menyajikan
data ide-ide, atau penelusuran informasi tentang penerapan bioteknologi
dalam mendukung keberlangsungan hhidup manusia melalui produksi pangan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Tanah dan Kehidupan
|
Mengamati
:
· Mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan organisme
yang hidup di dalamnya.
Menanya :
· Apakah fungsi tanah ?
· Organisme apa saja yang umum ditemukan di dalam tanah?
· Apakah fungsi organisme tersebut di dalam tanah?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum mengetahui peran Cacing tanah (Lubricus sp.) dalam proses pembusukkan
bahan organik. Cacing tanah diletakkan
dalam wadah kaca transparan (bekas akuarium kecil) yang di dalamnya terdapat tanah dan
potongan kecil sampah organik. Sebagai
kontrol digunakan wadah dengan isi yang sama namun tidak dimasukkan cacing
tanah.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan bentuk/tekstur dan kondisi tanah yang
dicampur dengan bahan sampah organik setiap 3 hari sekali selama 40 hari.
· Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel perbandingan antara
wadah yang dimasukkan cacing ke dalamnya dengan wadah kontrol.
· Menyimpulkan pengaruh/peran cacing dalam proses pembusukkan
bahan organik (pupuk kompos) .
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan
kelas.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang peran organisme lainnya
didalam tanah serta peran tanah dalam kehidupan.
|
Tugas
Carilah informasi tentang
fungsi organisme tanah (makroorganisme maupun mikroorganisme). Buatlah tulisan tentang peran organisme
tanah dalam mendukung kehidupan .
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
1 x 5 JP
|
Buku paket,
Lembar kerja Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.5
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan,
dan berdiskusi
2.6
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.7
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.8
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||||
3.11 Memahami
pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan
kehidupan melalui pengamatan
|
||||||||
4.11
Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar