1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
Objek IPA dan Pengamatannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati teman, untuk
melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan, warna rambut,
warna kulit dst.
·
Demonstrasi mengukur
panjang benda
·
Mengamati berbagai alat ukur, misalnya penggaris,
neraca,
Menanya:
1.
Dalam kehidupan sehari-hari
ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati. Bagaimana para ahli
melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa kesimpulannya!
2.
Pengukuran termasuk salah satu pengamatan, Mengapa
benda-benda tersebut harus diukur?
3.
Apakah sebenarnya
mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
4.
Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut
besaran, termasuk besaran apakah massa,
panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
kelajuan, luas, dan volume?
5.
Adakah patokan yang
digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara internasional?
6.
Dalam kehidupan
sehari-hari sering kita temui besaran
panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran tersebut
Eksperimen/explore:
1.
Melakukan eksperimen
kerja IPA untuk membandingkan apakah
hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
2.
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
3.
Mengukur volume dengan
satuan baku dan tak baku
4.
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
5.
Mengukur besaran turunan,
misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis data dalam
bentuk tabel
·
Menyimpulkan hasil
analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
·
Membuat laporan percobaan
dalam bentuk tulisan.
·
Mempresentasikan hasil percobaan
|
Tugas
1.
Lakukan pengamatan
terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
2.
Mengerjakan tugas reviw
dan berpikir kritis pada buku paket.
3.
Tugas proyek:: membaca
sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya, peserta didik
dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju daerah tertentu dengan meniadakan faktor
kemacetan
Observasi
Memberikan
penilaian pada saat peserta didik melakukan percobaan.
Portofolio
1.
laporan hasil eksperimen
2.
.laporan tugas proyek
Tes
Contoh soal PG
Beberapa penrilaku yang sering dijumpai di Lab IPA
berkaitan dengan pengukuran :
1.
Menuangkan air ke dalam gelas ukur
2.
Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi
air
3.
Menentukan volume VA dengan mengamati posisi
permukaan air
4.
Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
5.
Menentukan volume VB dengan mengamati posisi
permukaan air
6.
Menghitung volume batu dengan rumus (VA–VB )
Empat orang siswa melakukan pengukuran
volume batu dengan urutan sebagai berikut:
Siswa
|
Langkah kerja
|
P
|
1 – 3 – 2 – 5 – 4
|
Q
|
1 – 3 – 2 – 5 – 6
|
R
|
1 – 5 – 2 – 3 – 6
|
S
|
1 – 5 – 2 – 3 – 4
|
Langkah kerja yang benar dilakukan oleh
siswa ....
a.
P dan R C. P dan Q
b.
Q
dan S D. R dan S
|
1 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.1 Memahami konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan
terstandar (baku) dalam pengukuran
|
4.1
Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
KLASIFIKASI BENDA
|
Mengamati
:
·
Mengamati
mahluk hidup dan benda tak hidup di lingkungan sekitar.
Menanya:
·
Apa
perbedaan antara mahluk hidup dan benda tak hidup?
Eksperimen/explore:
· Mendata berbagai mahluk hidup dan benda tak hidup yang ada di
lingkungan sekitar.
· Menuliskan ciri-ciri mahluk hidup dan benda tak hidup yang
ditemukan di lingkungan sekitar.
Asosiasi
:
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Menyimpulkan ciri-ciri
mahluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan hasil analisis data.
Komunikasi:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
·
Menyampaikan
hasil pengamatan dalam bentuk presentasi di depan kelas.
·
Menginformasikan
lebih lanjut tentang ciri-ciri mahluk hidup dan benda tak hidup.
|
Tugas
Carilah
persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki antara pesawat terbang dengan
burung. Kemudian tuliskanlah perbedaan yang mendasar dari keduanya sehingga
pesawat terbang dikelompokkan sebagai benda tak hidup, sedangkan burung
adalah mahluk hidup.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal Uraian
1.Pada saat bernapas mahluk hidup menghirup oksigen dari udara
di dalam tubuh.Sebutkan 2 kegunaan oksigen pada mahluk hidup
Contoh soal Pilihan Ganda
1.Seekor kucing melahirkan 2 ekor anak.Tujuan daripada kucing
melahirkan anaknya ( berkembang biak) adalah:
a.melestarikan kelangsungan hidup jenisnya
b.beradaptasi
c.beriritabilitasi
d.bergerak
|
1 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan
tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap
benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
Klasifikasi Mahluk Hidup
|
Mengamati
:
·
Mengamati
gambar barang dagangan penjual sayur dan bumbu dapur di pasar.
Menanya :
·
Apakah
bahan yang dijual ditaruh bercampur antara satu jenis dengan jenis lainnya?
·
Mengapa
barang dagangan dikelompok-kelompokkan?
·
Apa
keuntungan bila mahluk hidup yang ada di dunia dikelompok-kelompokkan?
Eksperimen/explore
:
·
Melakukan eksplorasi bagian
tubuh hewan, antara lain : Belalang,
capung, kupu-kupu, udang, semut, laba-laba, lalat, kaki seribu.
·
Bagian
yang diksplorasi/diamati adalah :
Bagian tubuh (memiliki kepala, dada dan perut atau kepala bersatu)
serta jumlah kaki (6 buah, 8 buah atau lebih dari 8 buah)
Asosiasi :
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Mengelompokkan
hewan-hewan berdasarkan kesamaan bagian tubuh.
·
Menyimpulkan
hasil pengelompokkan.
Komunikasi :
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil pengelompokkan.
·
Menyampaikan
hasil pengelompokkan mahluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan
presentasi di depan kelas.
·
Menginformasikan
lebih lanjut tentang prosedur kalsifikasi/pengelompokkan mahluk hidup.
|
Tugas
Inventarisasi
mahluk hidup yang ada di lingkungan
sekitar rumahmu. Kemudian
eksplorasilah bagian-bagian tubuh yang dimiliki. Kelompokkanlah mahluk hidup yang ditemui
berdasarkan persamaan cirinya.
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok serta tugas
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Perhatikan
gambar berikut !
Berdasarkan ciri-ciri yang sama, ketiga hewan tersebut dikelompokkan
ke dalam ....
a. herbifor c. karnifor
b. mammalia d. reptilia
|
2 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.3 Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian
kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda
tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
|
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Organisasi Kehidupan
|
Mengamati
:
· Mengamati katak hidup.
Menanya :
· Tanya jawab tentang bagian-bagian tubuh katak. Organ-organ apa sajakah yang terdapat di
dalam tubuh katak?
Eksperimen/explore
:
· Melakukan praktikum mengamati struktur dalam hewan katak.
· Eksplorasi bagian dalam tubuh katak untuk menemukan organ
pernafasan, pencernaan, dan reproduksi.
Asosiasi :
·
Menggambar
hasil praktikum struktur dalam tubuh katak .
·
Melengkapi
gambar dengan menuliskan nama
organ-organ yang ditemukan beserta fungsinya. Fungsi organ dapat diketahui melalui studi
literatur dari berbagai sumber.
Komunikasi:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil percobaan.
·
Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang sistem organisasi kehidupan.
Mengamati
:
·
Mengamati
berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah..
Menanya :
·
Tanya
jawab tentang bagian-bagian hewan dan tumbuhan. Tersusun dari apakah hewan dan tumbuhan ?
Eksperimen/explore
:
·
Melakukan
praktikum mengamati sel tumbuhan, misalnya tumbuhan Adam Hawa (Rhoeo discolor) serta sel epitel pipi
manusia menggunakan mikroskop.
·
Eksplorasi
bagian-bagian sel tumbuhan dan manusia, seperti keberadaan dinding sel,
kloroplas, inti sel.
Asosiasi :
·
Menggambar
hasil praktikum struktur sel tumbuhan dan sel epitel pipi manusia.
·
Melengkapi
gambar dengan menuliskan nama
bagian-bagian sel yang ditemukan beserta fungsinya. Fungsi organ dapat diketahui melalui studi
literatur dari berbagai sumber.
Komunikasi:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil percobaan.
·
Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang sistem organisasi kehidupan.
|
Tugas
Amatilah tumbuhan yang
ada di sekitarmu. Identifikasilah
bagian-bagian tumbuhan yang teramati.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal :
Perhatikan gambar anatomi katak berikut !
Organ yang ditunjuk berfungsi untuk ...
a. bernafas
b. reproduksi
c. menyaring darah
d. memompa darah
Tugas
Buatlah poster yang
berisi informasi tentang sel beserta bagian-bagiannya.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan poster hasil tugas
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Perhatikan
gambar sel tumbuhan berikut !
Bagian yang
bertanda X berfungsi untuk ….
a. mengatur
seluruh kegiatan sel
b. tempat
terjadinya kegiatan sel
c. mengatur
keluar masuknya zat
d.
tempat respirasi sel
|
2 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan
berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada
sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta
komposisi utama penyusun sel
|
4.4.1 Melakukan
pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
|
4.4.2 Membuat
dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Karakteristik Zat
|
Mengamati:
1.
Benda di sekitar,
misalnya es menjadi air, air dipanaskan, lilin dibakar, kertas yang dibakar
dsb.
2.
Air teh, minyak goreng,
air dan tanah, air sungai.
Menanya
:
1.
Mengapa es yang berubah
menjadi air, akan berubah lagi menjdi es jika didinginkan?
2.
Mengapa kertas yang
dibakar menjadi abu, abu tidak bisa berubah menjadi kertas kembali.
Eksperimen/explore:
1. Menemukan
Perbedaan Perubahan
2. Memisahkan campuran
3. Demonstrasi destilasi
Asosiasi
:
1.
Menganalisis data dalam
bentuk table tentang eksperimen perbedaan perubahan, pemisahan campuran,
2.
Mengimpulkan hasil
eksperimen
Komunikasi
:
1.
Membuat laporan percobaan
2.
Mempresentasikan hasil
percobaan
Mengamati
:
· Mencicipi buah atau makanan yang asam seperti jeruk serta
minuman soda yang rasanya pahit (basa)..
Menanya:
· Makanan atau minuman apa saja yang rasanya asam ?
· Mengapa pisau yang terbuat dari besi jika dibiarkan diluar rumah setelah sekian lama menjadi
berkarat?
· Bagaimana cara kita menentukan sifat rasa makanan atau minuman
tanpa perlu mencicipinya?
Eksperimen/explore:
·
Melakukan
percobaan identifikasi asam basa dengan menggunakan indikator alami, seperti
kunyit, kol ungu.
Asosiasi:
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Membandingkan
data warna yang diperoleh dari percobaan dengan data warna indikator yang
digunakan.
·
Menyimpulkan
sifat larutan yang diuji, apakah termasuk asam, basa, atau netral.
Komunikasi
:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
·
Menyampaikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi di depan kelas.
Menginformasikan lebih lanjut tentang identifikasi asam basa
menggunakan indikator buatan.
|
Tugas
Mengerjakan tugas proyek:
1.
Buatlah tulisan tentang
perubahan-perubahan yang terjadi dalam sehari-hari, kemudian kelompokkan ke
dalam perubahan fisika maupun perubahan kimia.
2.
Buatlah percobaan
sederhana bersama temanmu di rumah, bagaimana menyaring air yang keruh sampai
mendapat air yang bersih. Buatkan laporannya secara tertulis!
Observasi
Menilai saat berlangsungnya kegiatan eksperimen, menggunakan
rubrik penilaian.
Portofolio
1.
Kumpulkan semua laporan
eksperimen secara tertulis
2.
Kumpulkan laporan-laporan
tugas proyek
Tes
Contoh Soal Uraian:
Jelaskan
mengapa kertas yang dibakar menjadi abu digolongkan menjaidi ke dalam
perubahan kimia?
Tugas
Carilah sebuah danau atau perairan di wilayah sekitarmu. Amati ganggang hijau yang tumbuh subur.
Ujilah perairan tersebut, apakah termasuk asam, basa, atau netral ? Berdasarkan hasil uji, menurut pendapatmu, apa yang terjadi dengan
perairan tersebut ?
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal Pilihan Ganda
1.Seseorang mengukur pH suatu larutan dengan menggunakan pH
meter.Dari hasil pengukurannya,diperoleh data sebagai berikut.
Larutan yang diuji
|
Harga pH
|
Susu
|
6,2
|
Air tomat
|
5,5
|
Cuka
|
3,4
|
Air jeruk
|
2,2
|
Berdasarkan data yang diperoleh,larutan uji yang memiliki
sifat asam paling lemah adalah….
a.air tomat
b.air jeruk
c.susu
d.cuka
Contoh
soal bentuk uraian
1.Tuliskan
3 perbedaan sifat-sifat asam dan basa
2.Sebutkan
2 contoh yang termasuk basa dalam bahan
yang digunakan sehari-hari
3.Sebutkan
3 contoh senyawa yang termasuk asam
4.Sebutkan
3 tujuan pemberian kapur pada lahan pertanian
|
2 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.5 Memahami karakteristik zat, serta
perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan
sehari-hari (misalnya pemisahan campuran)
|
4.5.1.Melakukan pemisahan campuran
berdasarkan sifat fisika dan kimia
|
4.5.2.Melakukan
penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar
menggunakan indikator buatan maupun alami
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Energi dalam Sistem Kehidupan
|
Mengamati
:
1.
Mengamati teman yang sedang bermain bola di sekitar sekolah.
2.
Disaat kamu merasa kedinginan, gosok-gosokkanlah kedua telapak tanganmu
beberapa saat.Apakah yang kamu rasakan?
3.
Mengamati tanaman yang ada disekitar sekolah
Menanya
:
1. Mengapa kalau kita
tidak makan sehari
badan terasa
lemas?
2. Apakah semua mahluk
hidup
Membutuhkan energi?
3. Disaat kamu merasa
kedinginan, gosok- gosokkanlah
kedua telapak tanganmu beberapa saat.Apakah yang kamu rasakan?
4. Dari manakah mahluk
hidup memperoleh
energi?
5. Dapatkah energi itu
diciptakan mahluk hidup?
Eksperimen/explore
:
·
Energi
dan perubahannya
Asosiasi :
·
Membuat
kesimpulan tentang energi dan perubahannya
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas tentang
· energi dan perubahannya
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk
· laporan praktek
· Menyampaikan informasi tentang energi
· dan perubahannya
Mengamati
:
· Meminta peserta didik menarik nafas dan menghembuskannya..
Menanya
:
· Apakah aktivitas tertentu mempengaruhi frekuensi bernafas ?
Eksperimen/explore
:
· Melakukan praktikum menyelidiki frekuensi nafas pada saat
melakukan aktivitas seperti berbaring, setelah berlari selama 2 menit,
setelah meminum 2 gelas air putih, dll.
Asosiasi :
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Membandingkan
data jumlah frekuensi bernafas antara aktivitas yang satu dengan aktivitas
yang lain.
·
Membuat
kesimpulan hubungan antara aktivitas tertentu dengan frekuensi bernafas.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
· Menyampaikan informasi lebih jauh tentang proses bernafas
serta fungsinya.
Mengamati
:
· Mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar..
Menanya
:
· Bagaimana cara tumbuhan mendapatkan makanannya ?
· Apa nama peristiwa pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan ?
· Bahan apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk membuat
makanannya sendiri?
· Bagaimana cara membuktikan bahwa proses pembuatan makanan
sendiri oleh tumbuhan menghasilkan oksigen ?
Eksperimen/explore
:
· Melakukan praktikum menyelidiki gas yang dihasilkan tumbuhan
saat proses pembuatan makanan sendiri.
· Pembuktian zat dilakukan seperti percobaan Jan Ingenhousz
yang menggunakan daun Hydrilla, corong
kaca, gelas ukur serta tabung reaksi.
Asosiasi :
·
Hasil
percobaan dalam bentuk gas yang tertampung di dalam tabung reaksi.
·
Gas
diuji dengan memasukkan bara api ke dalamnya.
Kemudian membuat kesimpulan dari hasil uji tersebut.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
· Menyampaikan informasi lebih jauh tentang proses fotosintesis.
Mengamati
:
·
Mengamati
serangga yang ditemukan di lingkungan sekolah, seperti belalang, jangkrik..
Menanya
:
·
Tanya
jawab tentang pernafasan pada serangga.
Apakah berat tubuh mempengaruhi kebutuhan oksigen ?
Eksperimen/explore
:
·
Melakukan
praktikum menyelidiki jumlah oksigen yang dibutuhkan serangga menggunakan
respirometer. Serangga yang diuji
memiliki berat tubuh yang beragam.
Asosiasi :
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Membandingkan
data kebutuhan oksigen antara serangga yang satu dengan serangga lain yang memiliki
berat tubuh berbeda.
·
Membuat
kesimpulan hubungan antara berat tubuh dengan kebutuhan oksigen.
Komunikasi:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil percobaan.
·
Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang fungsi repirasi dalam proses pembebasan energi.
|
Tugas
Buatlah tulisan tentang perubahan-perubahan energi yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari,
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Mengumpulkan laporan tertulis hasil tugas
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh soal uraian
Sebuah
kelereng yang massanya 10 g mulamula diam, kemudian bergerak dengan kecepatan
5
s. Berapakah energi
kinetik yang dimiliki kelereng yang sedang bergerak?
Tugas
Selidiki mana yang
memiliki frekuensi nafas terbanyak, apakah anak-anak atau remaja, apakah remaja atau orang tua ? Buatlah
hasil penyelidikanmu dalam bentuk laporan tertulis .
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil tugas.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Pernyataan manakah yang tepat dari tabel
di bawah!
Tugas
Tumbuhan mana yang lebih
banyak menghasilkan oksigen, apakah yang ditaruh ditempat banyak cahaya
matahari atau di tempat teduh ?
Lakukan percobaan
sederhana untuk mengungkapkannya.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil tugas.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Perhatikan Perhatikan perangkat fotosintesis berikut !
Berdasarkan percobaan di atas, gelembung-gelembung udara dalam
tabung reaksi mengandung ……………
a. udara panas c. oksigen
b. karbon dioksida d. nitrogen
Tugas
Jelaskan dalam bentuk
tulisan tentang bagaimana oksigen dapat disediakan oleh alam untuk memenuhi
kebutuhan mahluk hidup.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil tugas.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Perhatikan
reaksi kimia berikut !
Berdasarkan
hasil reaksi kimia maka dapat dipastikan reaksi tersebut merupakan...
a. fotosintesis c.
penguapan
b. respirasi d.
ekskresi
|
3 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai
sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
|
3.6.1 Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau
|
3.6.2 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Suhu, Pemuaian dan Kalor
|
Mengamati:
1.
Tangan yang diicelupkan
ke dalam air dingin, sedang dan hangat
2.
Thermometer laboratorium,
thermometer suhu badan
3.
Rel kereta api yang
diberi celah pada sambumgannya.
4.
Perambatan sinar matahari
yang melalui celah-celah, air yang mendidih ketika dipanaskan.
Menanya:
1.
Mengapa tangan tidk bisa
digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda secara tepat?
2.
Mengapa suhu badan
manusia antara 36°C sd 37 °C?
3.
Mengapa sambungan rel
kereta api diberi celah?
4.
Mengapa labu elemeyer
yang dipanaskan, akan keluar gelembung-gelembung gas di dalam air?
5.
Mengapa bagian atas panic
menjadi panas, padahal yng panic dipanaskan pada bagian bawah?
Eksperimen/explore:
1.
Melakukan eksperimen
apakah tangan dapat mengukur suhu
dengan tepat
2.
Membuat skala pada
thermometer
3.
Membandingkan empat skala
thermometer untuk memperoleh persamaan
perbandingan antara termometer Celcius, Reamur, Fahrenhaid, dan Kalvin.
(eksplor)
4.
Pengaruh Jenis logam
terhadap pemuaian panjangnya
5.
Pemuaian zat cair dan gas
Asosiasi
:
1.
Menganalisis data dalam
bentuk table pada eksperimen
2.
Membuat kesimpulan hasil
analisis data hasil eksperimen
Komunikasi:
1.
Membuat laporan hasil
eksperimen dalam bentuk tulisan.
2.
Mempresentasikan hasil
eksperimen
Mengamati
:
1.
Peristiwa pada proses air mendidih
2.
Peristiwa pada saat siang hari udara terasa panas
3.
Menyelidiki air sebagai penghantar yang buruk
Menanya
:
· Mengapa pada siang hari pakaian berwarna gelap merasa lebih
cepat gerah dibanding pakaianberwarna putih?
· Mengapa
pada waktu camping kamu menyalakanapi
unggun badan kita terasa hangat?
Eksperimen/explore
:
· Melakukan percobaaan tentang peristiwa Konveksi di udara dan
dalam zat cair
Asosiasi
:
·
Menganalisis
data dalam bentuk tabel pada
Eksperimen
·
Membuat
kesimpulan hasil analisis data hasil eksperimen
Komunikasi
:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
|
Tugas Proyek
1.
Membuat tulisan mengapa
thermometer zat cair menggunakan raksa atau alcohol, tidak menggunakan air.
2.
Membualan laporan secara
tertulis:
Membuat rancang penyelidikan yang dapat menunjukkan gejala
pemuaian zat gas, dengan bantuan zat cair gas bisa diamati. Atau pemuaian gas yang mampu mendesak sesuatu. Laporkan hasil kegiatanmu
secara tertulis.
Observasi
Menilai
proses eksperimen menggunakan rubric penilaian
Portofolio
Mengumpulkan:
1.
Laporan percobaan
2.
Laporan tugas proyek
Tes
Contoh
Soal Uraian
Apabila
suatu benda diukur dengan thermometer Celcius menunjukkan 45º C, maka berapa
derajat jika benda tersebut diukur dengan thermometer Fahrenheit?
Tugas
·
Mencari benda-benda yang termasuk konduktor dan isolator di lingkungan
sekitar
·
Mengerjakan PR yang berhubungan dengan perpindahan kalor
Observasi
Menilai saat berlangsungnya kegiatan eksperimen, menggunakan
rubrik penilaian.
Portofolio
Mengumpulkan:
1.
Laporan percobaan
2.
Laporan tugas
Tes
Contoh soal Pilihan Ganda
1.Perpindahan
kalor tanpa disertai perpindahan zat disebut….
a.
reduksi
b.
konveksi
c.
konduksi
d.
radiasi
|
2 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan
suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
|
3.7.1 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya, serta pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
|
3.7.2 Melakukan
penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi,
konveksi, dan radiasi
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Interaksi Mahluk Hidup dan Lingkungannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati
mahluk hidup dan benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar.
Menanya :
·
Ada berapa mahluk hidup
dan benda tak hidup yang kamu jumpai di lingkungan sekitar ?
·
Apa peran masing-masing
mahluk hidup dan benda tak hidup tersebut di dalam lingkungan ?
Eksperimen/explore
:
·
Melakukan
pendataan mahluk hidup dan benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar
serta jumlahnya. Kemudian jelaskan
peran masing-masing mahluk hidup dan benda tak hidup tersebut di lingkungan.
Asosiasi :
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Membuat
kesimpulan hubungan antara mahluk hidup dan benda tak hidup serta perannya di
lingkungan.
Komunikasi :
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
· Menyampaikan informasi lebih jauh tentang peran
komponen-komponen ekosistem.
Mengamati
:
· Mengamati gambar atau tayangan tentang peristiwa makan dan
dimakan dalam suatu ekosistem.
Menanya :
·
Apakah produsen dan
konsumen dalam suatu ekosistem selalu sama ?
·
Bagaimanakah rangkaian
peristiwa makan dan dimakan di suatu ekosistem ?
·
Apakah yang dimaksud
dengan jaring-jaring makanan ?
·
Manakah yang lebih banyak
jumlahnya, produsen atau konsumen ?
Mengapa ?
Eksperimen/explore
:
·
Mendata
berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang ditemukan dalam suatu ekosistem.
·
Mendata
jumlah masing-masing komponen ekosistem yang ditemukan.
Asosiasi :
·
Mengolah
data percobaan ke dalam bentuk tabel.
·
Membuat
rangkaian peristiwa makanan dan dimakan dalam urutan tertentu dari mahluk hidup
yang ditemukan untuk menemukan konsep rantai makanan.
·
Merangkai
beberapa rantai makanan menjadi satu kesatuan untuk menemukan konsep
jaring-jaring makanan.
·
Membuat
urutan mahluk hidup mulai dari produsen hingga konsumen tertinggi dari
ekosistem yang diselidiki dengan mencantumkan jumlahnya untuk mendapatkan
konsep piramida makanan.
.
Komunikasi :
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil percobaan.
·
Menyampaikan
hasil percobaan di depan kelas.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang rantai makanan, jaring-jaring makanan, serta
piramida makanan.
Mengamati
:
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang peristiwa interaksi antara kerbau dengan burung
jalak atau interkasi mahluk hidup lainnya.
Menanya :
·
Apakah yang dimasud
dengan interaksi ?
·
Apakah kambing dengan
kerbau memiliki pola interaksi yang sama dengan kerbau dan burung jalak ?
·
Bila berbeda, interkasi
apakah yang terjadi antara kambing dengan burung jalak ?
·
Ada berapa jenis
interaksikan di dunia ? Apakah
contoh-contohnya?
Eksperimen/explore
:
·
Mendata
berbagai jenis tumbuhan atau hewan yang memiliki hubungan yang sangat erat di
lingkungan sekitar maupun yang pernah teramati di lingkungan lain.
Asosiasi :
·
Mengolah
data yang diperoleh ke dalam bentuk tabel.
·
Menentukan
pola interkasi yang terjadi di antara mahluk hidup dengan mengacu pada buku
atau media belajar lain yang relevan.
.
Komunikasi :
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil percobaan.
·
Menyampaikan
hasil percobaan di depan kelas.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang interkasi mahluk hidup.
|
Tugas
Jelaskan dalam bentuk
tulisan tentang apa yang akan terjadi pada mahluk hidup dan beda tak hidup
jika tumbuhan musnah dari muka bumi.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil penugasan.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Tugas
Jelaskan dalam bentuk
tulisan, apakah produsen di berbagai ekosistem adalah sama? Apakah produsen selalu ada di semua
ekosistem?
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil penugasan.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Diagram di
bawah ini menunjukkan jaring-jaring makanan di laut.
Berdasarkan diagram, yang merupakan produsen
adalah ................
a.
pengurai c.
udang
b.
fitoplankton d.
zooplankton
Tugas
Buatlah tulisan tentang
pengaruh interaksi manusia terhadap ekosistem.
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil penugasan.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Perhatikan
gambar berikut !
Berdasarkan
gambar, simbiosis yang terjadi adalah ....
a. mutualisme c. komensalisme
b. parasitisme d. netralisme
|
2 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan.
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar
makhluk hidup dan lingkungannya
|
4.8
Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Dampak Pencemaran bagi Kehidupan
|
Mengamati
:
· Mengamati gambar atau tayangan tentang peristiwa pencemaran
lingkungan (udara, air, tanah).
Menanya
:
· Apakah yang
dimaksud dengan pencemaran?
· Bahan/zat
apa saja yang dapat menyebabkan pencemaran udara, air, dan tanah ?
· Bagaimanakah
bahan/zat tersebut dihasilkan ?
· Apakah efek
bahan/zat tersebut bagi lingkungan?
Eksperimen/explore
:
· Mendata berbagai jenis zat/bahan yang dapat menyebabkan
pencemaran lingkungan.
Asosiasi
:
·
Mengolah
data yang diperoleh ke dalam bentuk tabel.
· Mengelompokkan bahan/zat pencemar berdasarkan lingkungan yang
dicemarinya beserta efek yang ditimbulkan bagi lingkungan tersebut.
.
Komunikasi
:
·
Diskusi
kelompok untuk membahas hasil eksplorasi dan pengelompokkan bahan pencemar
berdasarkan lingkungan yang dicemari.
·
Menyampaikan
hasil eksplorasi
di depan kelas.
·
Menyampaikan
informasi lebih jauh tentang pencemaran lingkungan.
|
Tugas
Buatlah tulisan tentang
upaya yang dapat dilakukan sehari-hari untuk mencegah terjadinya pencemaran
lingkungan .
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksplor
Portofolio
Laporan tertulis kelompok dan hasil penugasan.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh
soal PG :
Kegiatan industri dapat menimbulkan panas yang umumnya
berasal dari gerakan mesin. Jika air
hasil industri tersebut dibuang ke perairan maka suhu perairan menjadi
panas. Panasnya suhu perairan dapat
berakibat …………
a.
kandungan oksigen di perairan menjadi rendah
b.
kandungan zat organik diperairan
berkurang
c.
kandungan zat anorganik diperairan bertambah
d.
kadar pH air menjadi bertambah
|
1 x 5 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang
relevan
·
Media elektronik
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.9
Mendeskripsikan pencemaran dan
dampaknya bagi makhluk hidup
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Pemanasan Global dan Ekosistem
|
Mengamati:
1.
Mengamati lapisan
atmosfer bumi melalui gambar, video
2.
Mengamati film,
gambar-gambar dampak pemanasan global.bagi ekosistem.
3.
Mengamati gambar, film
tentang lubang pada lapisan ozon.
Menanya:
1.
Mengapa dalam mobil
menjadi hangat, setelah mobil diparkir di tempat panas beberapa saat?
2.
Mengapa perubahan cuaca
pada akhir-akhir ini sangat ekstrim
3.
Mengapa terjadi pemanasan
global? Apa penyebanya?
4.
Bagaimana dampak
pemenasan global terhadap ekosistem di bumi?apakah penyebab menipisnya
lapisan ozon di bumi?
Eksperimen/explore:
1.
Eksperimen mengamati efek
rumah kaca (kotak kardus, thermometer, lampu)
2.
Menentukan sumber data
dari buku, literature, gambar-gambar, film dst.
3.
Mengumpulkan data dan
informasi tentang pemanasan global
yang terjadi di bumi dari tahun ke tahun.
Asosiasi:
1.
Menganalisis data dan
informasi tentang pemanasan global dan dampaknya.
2.
.membuat kesimpulan
tentang berbagai data dan informasi ttentang pemanasan global dan dampaknya.
Komunikasi:
1.
Membuat laporan hasil
analisis dalam bentuk tulisan.
2.
Menyajikan atau
mempresentasikan hasil analisis data dan informasi tentang pemanasan global
|
Tugas
1.
Membuat tulisan tentang
bagaimana mengurangi terjadinya pemanasan global.
2.
Membuat tulisan tentang
bagaimana mengatasi atau mengurangi dampak pemanasan global.
Observasi
Menilai
saat kegiatan eksperimen berlangsung dengan rubrik penilaian
Portofolio
Mengumpulkan:
1.
Laporan analisis data
2.
Mengumpulkan tugas-tugas
proyek
Tes
Contoh
Soal PG:
Lapisan
ozon melindungi kehidupan di bumi dari bahaya ….
a.
radiasi sinar X
b.
radiasi sinar kosmis
c.
radiasi sinar ultraviolet
d.
radiasi sinar infra merah
Contoh Soal Uraian:
Tuliskan
3 penyeba terjadinya pemanasan global!
|
1 x 5 JP
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
|
3.10
Mendeskripsikan tentang penyebab
terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.10 Menyajikan data dan informasi tentang
pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar