RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MA
Islamiyah Balen Bojonegoro
Mata Pelajaran : Kimia
Materi : Tatanama Senyawa
Poliatomik
Kelas / Semester : X/ Gasal
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi
B.
Kompetensi Dasar
2.
1.
Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta
persamaan reaksinya.
C.
Indikator
1.
Menuliskan
nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation dan anion poliatomik.(C-1)
2.
Menyimpulkan
aturan pemberian nama senyawa poliatomik(C-2)
3.
Menentukan
nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+)
dan anion poliatomik serta memberi namanya melalui media kartu.(C-3)
4.
Memilih/menyeleksi
senyawa yang terbentuk dari tabel kation dan anion poliatomik dan menamainya.
(C-4)
D.
Tujuan
1.
Siswa
dapat menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation dan
anion poliatomik.
2.
Siswa
dapat menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation
(golongan utama dan NH4+)
dan anion poliatomik serta memberi namanya melalui media kartu.
3.
Siswa
dapat menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa poliatomik
E.
Materi Inti
- Senyawa Poliatomik Ionik
- Senyawa Poliatomik Kovalen
F.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Susilowati, Endang, 2009, Theory and
Application of Chemistry for Grade X of Senior High School and Islamic High School (p.105- 122 ), Solo: PT. Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
·
Sri Juari Santosa dkk, 2006, Kimia Kelas X Semester I untuk SMA dan MA (p.
82 -87 ),
Klaten: Intan Pariwara
·
Setyawan, Fuad, Buku Evaluasi Siswa Kimia
Kelas X untuk SMA/MA Semester I, Klaten: Sinar Mandiri
·
Tabel Kation anion, Tabel Senyawa Poliatomik, Compound
Remi Card, Lembar Kerja Siswa
·
Presentasi Power Point, Laptop, LCD
·
Internet
G.
Metode & Model Pembelajaran
·
Penyampaian
Informasi
·
Diskusi
Kelompok
·
Tanya
Jawab
·
Quiz
H.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Sumber
|
Penilaian
|
01.
|
Kegiatan Awal
|
||||
§
Apersepsi
-
Presensi siswa
-
Siswa dan
guru mereview materi tatanama senyawa biner
§ Motivasi
Siswa mendengarkan informasi dari guru:
“Arti sebuah
nama. Penamaan memiliki arti penting dalam kehidupan kita. Bayangkan seandainya
benda-benda disekitar kita, termasuk diri kita, tidak diberi nama tentu kita
akan merasa kesulitan. Bagaimana kita akan menyebut teman-teman kita yang
jumlahnya sangat banyak?.
Penamaaan
juga terjadi dalam ilmu kimia. Senyawa-senyawa yang ditemukan perlu diberi
nama untuk memudahkan mempelajarinya. Pada pertemuan sebelumnya kita telah
belajar tentang tata nama senyawa biner. Bagaimanakah cara penamaan senyawa
kimia poliatomik?”
§
Prasyarat
Siswa mendengarkan dari guru tentang tujuan dari
pembelajaran adalah agar siswa mengetahui dan
mampu menuliskan nama-nama senyawa poliatomik dari tabel kation dan anion
|
15
minutes
|
Penyampaian
Informasi
|
Pengamatan
pada sikap dan respon siswa
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
||||
Eksplorasi
·
Siswa
mendengarkan penyampaian materi tentang tata nama senyawa poliatomik
·
Siswa
memperhatikan contoh cara penentuan dan penulisan tatanama senyawa poliatomik
dengan menggunakan media kartu
·
Siswa
bertanya tentang bagaimana cara penulisan tatanama senyawa poliatomik
·
Siswa
membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang
Elaborasi
·
Siswa
mendengarkan penjelasan aturan permainan kartu senyawa kimia (Lampiran 1)
·
Siswa diberi latihan
untuk menentukan dan menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari
tabel kation dan anion melalui permainan kartu remi senyawa dengan pengawasan
guru
·
Siswa
berdiskusi kelompok untuk menentukan dan menuliskan nama senyawa poliatomik
yang terbentuk
·
Siswa
dibimbing oleh guru dalam berdiskusi
Konfirmasi
·
Siswa
menjawab quiz yang diberikan oleh guru.
·
Beberapa
siswa maju ke depan kelas untuk menjawab quiz
|
20
menit
30
menit
|
Exploratory
Tanya
Jawab
Diskusi
Kelompok
Quiz
|
· Buku Kimia SMA Kelas X
· http://chem-is-try.org/tatanama-senyawa -kimia
· Buku Evaluasi Siswa Kimia Kelas X untuk
SMA/MA Semester I
|
Pengamatan
pada sikap dan respon siswa
Pertanyaan
efektif, observasi dilakukan pada 90% siswa yang aktif di kelas
Kerjasama Kelompok
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
|
||||
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan
·
Siswa
mengerjakan tes evaluasi (Lampiran 2)
|
25
menit
|
Pengamatan
100% pada siswa yang mengerjakan tes
evaluasi
|
I.
Referensi
·
Susilowati, Endang, Theory and Application
of Chemistry for Grade X of Senior High School and Islamic High School (p. 33-42), Solo:
PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
·
Sri Juari Santosa dkk, Kimia Kelas X
Semester I untuk SMA dan MA (p. 38- 44), Klaten: Intan Pariwara
·
Setyawan, Fuad, Buku Evaluasi Siswa Kimia
Kelas X untuk SMA/MA Semester I, Klaten: Sinar Mandiri
·
http://www.unit5.org/christjs/compound%20
nomenclature%20table.html
J.
Evaluasi
Teknik Evaluasi : Test Tulis
Instrument : Pilihan Ganda
Respons :
Kriteria
Ketuntasan Minimal =65
Kurang dari KKM (65)
= Remedial (examination)
Lebih dari
nilai KKM (65) = Pengayaan
(enrichment)
K. Materi Pembelajaran
Tatanama
senyawa kimia adalah cara penamaan senyawa kimia yang sistematis dan telah
disepakati secara internasional oleh IUPAC (International Union Pure and
Applied Chemistry). Dengan cara penamaan yang sistematis kita akan lebih
mudah menentukan nama suatu senyawa dengan mengetahui unsur yang menyusun
senyawa tersebut beserta komposisinya.
Berdasarkan
diagram diatas, Senyawa poliatomik ada yang merupakan senyawa ionik dan ada yang
senyawa kovalen.
1.
Senyawa
Poliatomik Ionik
Senyawa Poliatomik ionik terdiri dari senyawa garam poliatomik dan
senyawa basa poliatomik.
a)
Tata
Nama Senyawa Garam Poliatomik
Senyawa
garam poliatomik adalah senyawa garam yag kation atau anionnya berupa ion
poliatomik.
Contoh:
NH4Cl, NaNO3 dan Na2SO4
Senyawa
garam poliatomik diberi nama dengan menyebutkan nama kationnya, kemudian nama
anionnya.
b)
Tata
Nama Senyawa Basa Poliatomik
Senyawa
Basa poliatomik merupakan senyawa ion yang terdiri dari kation logam dan anion
OH- (kecuali NH4OH).
Contoh:
NaOH, KOH dan Mg(OH)2
Senyawa
Basa poliatomik diberi nama dengan menyebutkan nama logamnya (kecuali NH4OH),
kemudian nama ion OH- yaitu hidroksida.
2.
Senyawa
Poliatomik Kovalen
Senyawa poliatomik kovalen adalah senyawa poliatomik yang partikel
terkecilnya adalah molekul. Senyawa yang termasuk ke dalam senyawa poliatomik
kovalen adalah senyawa asam oksi.
Contoh: H2SO4, HNO3 dan H3PO4
Tata nama senyawa asam poliatomik (senyawa asam oksi) mirip dengan
tata nama senyawa asam biner, yaitu dengan menyebutkan unsur H (asam), kemudian
nama anion poliatomiknya.
L. Instrumen
(terlampir)
Kunci
Jawaban
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
01.
02.
03.
04.
05.
06.
07.
08.
09.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20
|
C
A
B
B
A
B
B
B
A
B
A
D
C
E
B
C
A
A
E
E
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
Total
|
100
|
Bojonegoro,
11 Januari 2012
Guru
Mata Pelajaran Kimia Peneliti
Nur Kholifah, S. Si Ririn Isnawati
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Ali Muhtadi, S. Pd. I
NIP. 19561125 199611 1 001
Lampiran 1
Prosedur
permainan Compound Remi Card adalah sebagai berikut:
1)
Jumlah
Pemain dalam tiap kelompok ada 4 pemain
2)
Kartu
Remi Senyawa dikocok
3)
Tiap-tiap
pemain mendapatkan 4 kartu yang terdiri dari: satu kartu kation, satu kartu
anion dan dua kartu angka.
4)
Tiap
pemain beradu cepat menyusun senyawa kimia anion+kation dalam jumlah muatan
seimbang dari kartu yang dipegang.
5)
Pemain
bergilir, searah atau berlawanan dengan arah jarum jam mengambil kartu dari
tumpukan kartu di tengah arena yang masih tersisa.
6)
Ketika
nama senyawa belum terbentuk, satu kartu harus dibuang
7)
Pemain
berikutnya bisa mengambil kartu di tumpukan atau jika cocok dapat mengambil
kartu yang dibuang oleh pemain sebelumnya.
8)
Siapa
cepat menyusun senyawa, dapat langsung membuka kartu dan menang.
9)
Langkah
nomor 5 sampai 8 dapat diulang sampai tinggal tersisa satu pemain.
Lampiran 2
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
1.
Senyawa
basa poliatomik terdiri dari ion Ba2+ dan ion OH-. Maka
akan membentuk senyawa .....
a.
BaOH
b.
Ba2OH
c.
Ba(OH)2
d.
Ba2(OH)2
e.
Ba(OH)3
2.
Rumus
Kimia yang tepat untuk senyawa Kalsium Fosfat adalah...
a.
Ca3(PO4)2
b.
Ca(PO4)2
c.
CaPO4
d.
Ca(PO4)3
e.
Ca2PO4
3.
Rumus
molekul untuk Asam Nitrat adalah ...
a.
HNO2
b.
HNO3
c.
H2(NO2)3
d.
H(PO4)2
e.
H3PO4
4.
Suatu
senyawa garam poliatomik tersusun dari Mg2+ dan NO2-.
Rumus kimia senyawa tersebut adalah ....
a.
MgNO2
b.
Mg(NO2)2
c.
Mg2(NO2)
d.
Mg2(NO2)2
e.
Mg(NO2)3
5.
Na2SO3
memiliki nama senyawa ......
a.
Natrium
Sulfit
b.
Natrium
Sulfat
c.
Dinatrium
Sulfit
d.
Dinatrium
Sulfat
e.
Natrium
(II) Sulfida
6.
Tatanama
yang benar untuk senyawa Al2(SO4)3 adalah
.............
a.
Aluminium
Sulfit
b.
Aluminium
Sulfat
c.
Aluminium
Trisulfit
d.
Aluminium
Trisulfat
e.
Dialuminium
Trisulfat
7.
Kalsium
hidroksida memiliki rumus kimia.....
a.
CaOH
b.
Ca(OH)2
c.
K(OH)2
d.
Ca2(OH)2
e.
K2(OH)2
8.
Diketahui
senyawa poliatomik kovalen terdiri dari anion H+ dan kation SO42-,
maka dari kedua anion dan kation tersebut akan terbentuk senyawa ............
a.
HSO4
b.
H2SO4
c.
H(SO4)2
d.
H2(SO4)2
e.
H3(SO4)2
9.
Na2CrO4
memiliki nama senyawa....
a.
Natrium
Kromat
b.
Natrium
dikromat
c.
sDinatrium
kromat
d.
Natrium
(II) dikromat
e.
Natrium
Tetrakromat
10.
Sodium
Sianida memiliki rumus molekul... ...
a.
SCN
b.
NaCN
c.
S2S2O3
d.
Na2S2O3
e.
S2CN
11.
Apabila
suatu kation K+ dan anion ClO4- beraksi, maka
akan terbentuk senyawa ....
a.
KClO4
b.
K2ClO4
c.
K(ClO4)2
d.
K3(ClO4)2
e.
2K(ClO4)
12.
Nama
senyawa yang terbentuk dari soal nomor 11 adalah ....
a.
Kalsium
Klorat
b.
Kalium
Klorat
c.
Kalsium
Perklorat
d.
Kalium
Perklorat
e.
Kalium
Klorit
13.
Bilangan
oksidasi unsur Pb=2+ dan bilangan oksidasi NO3=-1, maka rumus
molekulnya adalah ... ...
a.
PbNO3
b.
Pb2NO3
c.
Pb((NO3)2
d.
Pb(NO3)3
e.
Pb2(NO3)2
14.
Rumus
senyawa yang ternetuk dari ion Ba2+ dan PO33-
adalah ... ...
a.
BaPO3
b.
Ba2(PO3)
c.
Ba2(PO3)3
d.
Ba3(PO3)
e.
Ba3(PO3)2
15.
Suatu
senyawa mempunyai nama kimia Kalsium nitrit. Anion poliatomik yang menyusun
senyawa tersebut adalah ... ...
a.
NO22-
b.
NO2-
c.
NO3-
d.
NO-
e.
NO2-
16.
Tata
nama yang benar untuk senyawa NaHSO4 adalah ......
a.
Natrium
Sulfat
b.
Natrium
Sulfit
c.
Natrium
bisulfat
d.
Natrium
bisulfit
e.
Natrium
tiosulfat
17.
Rumus
kimia yang tepat, bila ion-ion pembentuknya NH4+, Ca2+,Al3+,
Cl- dan SO42- adalah ...
a.
Al2(SO4)3
b.
CaCl
c.
NH4SO4
d.
Ca3(SO4)2
e.
AlCl
18.
Nama
kimia dari (NH4)2SO4 yaitu ....
a.
Ammonium
sulfat
b.
Diammonium
sulfat
c.
Ammoniak
sulfat
d.
Sulfat
ammonium
e.
Sulfat
diammonium
19.
Penamaan
zat berikut yang tidak benar adalah ......
a.
NaOH=Natrium
Hidroksida
b.
KNO3=Kalium
Nitrat
c.
Fe(OH)3=Besi(III)Hidroksida
d.
H2SO4=Asam
Sulfat
e.
Ca(NO2)2=
Kalium nitrit
20.
Diketahui
tabel pasangan rumus kimia dan nama senyawa sebagai berikut.
No
|
Rumus Kimia
|
Nama Senyawa
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Mg2(NO3)4
Na2SO4
Al2(PO4)3
K2(CO3)2
Al2(SO4)3
|
Magnesium
Nitrat
Natrium
Fosfit
Aluminium (II) fosfat
Kalium
Karbonat
Aluminium
Sulfat
|
Pasangan Rumus
Kimia dan nama senyawa yang paling tepat adalah .......
a.
1 d. 4
b.
2 e. 5
c.
3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar