A.
Identitas
1. Data Pribadi
:
a.
Nama Dosen : Ririn Isnawati, S.Pd.
b. Alamat Rumah : Jl-Masjid No. 148
05/01 Pilanggede Balen
c.
Telp/ HP : 085645726815
d. E-mail : ririn.isna@gmail.com
e. Website/
Blog : http://yi2ncokiyute.blogspot.com
2. Mata Kuliah
:
a.
Kode/ Nama MK : BD110312/ Materi PAI
MA
b. Komponen : MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
c.
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah/ PAI
d. Bobot : 3
SKS
e. Semester : Genap/ 4
(Empat)
f.
Hari/ Jam/ Ruang : Ahad/ 15.00 – 17.30/
A 101
B.
Deskripsi Mata Kuliah dan Metode Pembelajaran:
Mata Kuliah
Materi PAI di MA merupakan komponen mata kuliah Mata Kuliah Keahlian Berkarya
(MKB) dengan bobot 3 SKS yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi PAI.
Dalam Mata kuliah ini dibahas materi yang berkaitan dengan penyusunan Standar
Kompetensi, Kompetensi dasar materi pelajaran PAI MA, yangmeliputi mata
pelajaran al-Qur’an, Hadist, Fiqh, Aqidah Akhlaq, dan SKI tingkat MA. Mata
kuliah ini juga berkaiatan dengan proses penyusunan Silabi, RPE, Prota, Promes
dan Standard Evaluasi pembelajaran PAI MA yang disesuaikan dengan PERMENAG RI
No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama
Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Secara umum
perkuliahan mata kuliah ini menggunakan strategi belajar aktif. Di sini
mahasiswa bukan sekedar obyek pembelajaran, tetapi aktif terlibat dalam proses
pembelajaran bersama-sama dengan dosen, aktif dalam membuat dan menyusun produk
materi PAI MA. Dengan strategi ini diharapkan mahasiswa di samping memahami materi
perkuliahan, juga dapat mendalami dan mempraktekkannya secara langsung sebagai
bekal dalam proses pengajaran di sekolah. Untuk mewujudkan hapan ini, strategi
pembelajaran yang ditempuh adalah melalui lecturing, discussion dan practicing.
C.
Standar
Kompetensi :
Setelah
mengikuti mata kuliah materi PAI MA dan Pembelajarannya, mahasiswa memiliki
kemampuan mengajar materi PAI di MA secara profesional
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
Mahasiswa mampu meamahami kurikulum PAI serta pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
pengertian kurikulum PAI di MA
2.
Menjelaskan
tujuan kurikulum PAI di MA
3.
Menjelaskan
ruang lingkup kurikulum PAI di MA
|
2
|
Mahasiswa mampu memahami materi al-Qur’an di MA dan Pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
isi pokok al-Qur’an, mengidentifikasi bukti otentisitas al-Qur’an
2.
Mengidentifikasi
kaidah bacaan dan hafalan al-Qur’an mengenai tema tertentu
3.
Melakukan
pencarian ayat-ayat al-Qur’an menggunakan kitab yang ada
4.
Menganalisis
ayat ayat al-Qur’an dari segi kosa kata, tarjamah dan kandungannya
5.
Menjelaskan
strategi pembelajaran dan penilaian materi al-Qur’an di MA
|
3
|
Mahasiswa mampu memahami materi Hadist di MA dan Pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
pengertian istilah-istilah Hadist, Sanad, Matan dan kedudukan Hadist terhadap al-Qur’an
2.
Menganalisis
uraian makna hadist dan membandingkannya dengan ayat al-Qur’an dan Hadist
Lain
3.
Menjelaskan
strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Hadist di MA
|
4
5
|
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA dan
Pembelajarannya
|
1.
Memahami
Prinsip-prinsip Ibadah dan Syari’ah dalam Islam
2.
Menjelaskan
pengertian Fiqh Ibadah
a.
Menjelaskan
Hukum Islam tentang Zakat dan Hikmahnya
b.
Menjelaskan
Hukum Islam tentang Haji dan Hikmahnya
c.
Menjelaskan
hukum Islam tentang hikmah kurban dan aqiqah
d.
Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan Jenazah
3.
Menjelaskan
hukum Islam tentang Mu’amalah
a.
Menjelaskan
hukum Islam tentang kepemilikan
b.
Menjelaskan
konsep perekonomian dalam Islam dan Hikmahnya
c.
Menjelaskan
hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
d.
Menjelaskan
hukum Islam tentang Wakalah dan Sulhu beserta hikmahnya
e.
Menjelaskan
hukum Islam tentang Daman dan Kafalah beserta hikmahnya
f.
Menjelaskan
tentang Riba, bank dan asuransi
4.
Menjelaskan
strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah
di MA
|
6
|
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Jinayah dan Fiqh Munakahat di MA
dan Pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
pengertian dan ruang lingkup Fiqh Jinayah dan hikmahnya
2.
Menjelaskan
pengertian dan ruang lingkup fiqh pernikahan
a.
Nikah
b.
Tolak
c.
Ruju’
d.
Waris
3.
Menjelaskan
Strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Fiqh Jinayah dan Fiqh
Munakahat di MA
|
7
|
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Siyasah dan Ushul Fiqh di MA dan
Pembelajarannya
|
1.
Mampu
menjelaskan pengertian dan ketentuan pemerintahan dalam Islam dan ruang
lingkupnya
a.
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang Khilafah
b.
Menjelaskan
Majelis Syura dalam Islam
c.
Mendefinisikan
syarat-syarat menjadi kepala negara dalam Islam
2.
Menjelaskan
pengertian Usul Fiqh dan ruang lingkupnya,
a.
Mampu
menjelaskan sumber hukum Islam
b.
Hukum-hukum
Syari’
c.
Memahami
kaidah-kaidah Usul Fiqh
3.
Menjelaskan
strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi fiqh Siyasah dan Ushu Fiqh
di MA
|
8
|
Mahasiswa mampu memahami materi
Aqidah di MA dan strategi pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan metode peningkatan Aqidah
2.
Mengidentifikasi
syirik dan akibatnya
3.
Mengidentifikasi
Sifat-sifat Allah dalam Asmaul Husna dan bukti kebenarannya
4.
Menjelaskan
pengertian ilmu kalam dan ruang lingkupnya
5.
Menjelaskan
pengertian Tasawwuf dan ruang lingkupnya
6.
Menjelaskan
strategi pembelajaran materi Aqidah di MA
|
9
|
Mahasiswa mampu memahami materi Akhlaq di MA dan strategi
pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
metode peningkatan kualitas akhlaq
2.
Menjelaskan
cara membiasakan perilaku terpuji
3.
Menjelaskan
cara menghindari perilaku tercela
4.
Menjelaskan
strategi pembelajaran materi Akhlaq di MA
|
10
|
Mahasiswa mampu memahami materi SKI di MA dan strategi pembelajarannya
|
1.
Menjelaskan
metode dakwah Rasul
2.
Menguraikan
permasalahan kepemimpinan umat pasca Nabi Wafat
3.
Menjelaskan
periodesasi perkembangan Islam sejak zaman awal Islam sampai saai ini
4.
Menjelaskan
strategi pembelajaran materi SKI di MA
|
11
|
Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran materi PAI di MA
|
1.
Peserta
mampu mengaplikasikan ketrampilan proses pembelajaran
2.
Peserta
mampu mengaplikasikan strategi dalam proses pembelajaran PAI
3.
Peserta
mampu memilih media yang tepat dalam proses pembelajaran PAI
|
12
|
Mahasiswa dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di MA
Dan mahasiswa diharapkan dapat memahami evaluasi pembelajaran materi
PAI di MA
|
1.
Peserta
mampu memahami teori evaluasi
2.
Peserta
dapat memilih jenis evaluasi yang tepat pada materi PAI
3.
Peserta
dapat menerapkan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran materi PAI
|
13
&
14
|
Mahasiswa mampu membuat perangkat-perangkat pembelajaran PAI di MA
|
1.
Mahasiswa
dapat membuat Rencana Pekan Efektif (RPE) Promes, dan Prota
2.
Mahasiswa
dapat membuat Silabus PAI
3.
Mahasiswa
dapat membuat RPP Pembelajaran PAI di MA
|
D.
Materi dan Time Line Perkuliahan
NO
|
Pertemuan ke-
|
Materi
|
Kegiatan
|
Time Line
|
1
|
I
|
Introduction to Subject; SAP dan Kontrak
Belajar
|
|
|
2
|
II
|
1.
Pengertian
kurikulum PAI di MA
2.
Tujuan
Kurikulum PAI di MA
3.
Ruang
Limgkup Kurikulum PAI di MA
|
Diskusi dan Presentasi Hasil Pembentukan Indikator
|
|
3
|
III
|
1.
Pengertian
pokok dan tujuan al-Qur’an
2.
Kaidah-kaidah
bacaan dan hafalan ayat al-Qur’an, dengan tema:
a.
Pola
Hidup Sederhana dan menyantuni dhuafa
b.
Amar
Ma’ruf Nahi Munkar
c.
Ujian
dan Cobaan
d.
Kewajiban
Berdakwah
e.
Tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
f.
Berlaku
adil dan jujur
g.
Toleransi
dan etika pergaulan
h.
Etos
kerja
i.
Makanan
yang halal dan baik
j.
IPTEK
3.
Tafsir
ayat-ayat al-Qur’an dan Asbab al-Nuzul
4.
Cara
menemukan ayat al-Qur’an
5.
Strategi
pembelajaran dan sistem penilaian
materi al-Qur’an
|
Diskusi dan Presentasi,
Product
|
|
4
|
IV
|
1.
Pengertian
Istilah Hadist, dari segi kualitas dan kuantitas, Sanad, Matan dan Fungsi
Hadist terhadap al-Qur’an
2.
Teks
Hadist Tentang ;
a.
Pola
Hidup Sederhana dan menyantuni dhuafa
b.
Amar
Ma’ruf Nahi Munkar
c.
Ujian
dan Cobaab
d.
Kewajiban
Berdakwah
e.
Tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
f.
Berlaku
adil dan jujur
g.
Toleransi
dan etika pergaulan
h.
Etos
kerja
i.
Makanan
yang halal dan baik
j.
IPTEK
3.
Strategi
pembelajaran dan sistem penilaian
materi al-Qur’an
|
Diskusi dan Presentasi,
Product
|
|
5
|
V
|
1.
Pengertian
Prinsip ibadah dan Syari’ah dalam Islam
2.
Pengertian
Fiqh Ibadah MA, ruang lingkup dan pembelajarannya ;
a.
Pengertian
Zakat dan Hikmahnya
b.
Hukum
Haji dan Hikmahnya
c.
Hikmah
Kurban dan Aqiqah
d.
Pengurusan
Jenazah
|
Diskusi kelompok dan Presentasi
|
|
6
|
VI
|
1.
Pengertian
Fiqh Mu’amalah MA dan ruang lingkupnya :
a.
Pengertian
kepemilikan dalam Islam
b.
Pengertian
ekonomi Islam dan hikmahnya
c.
Pengertian
pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
d.
Pengertian
tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya
e.
Pengertian
tentang Daman dan Kafalah beserta hikmah dan ruang lingkupnya
f.
Pengertian
riba, bank dan asuransi beserta ruang lingkupnya
2.
Strategi
dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
|
Diskusi kelompok
Dan Presentasi
|
|
7
|
VII
|
1.
Pengertian
dan hikmah aplikasi fiqh jinayat dalam hukum Islam, dan ruang lingkupnya
2.
Pengertian
Fiqh munakahat di MA, dan ruang lingkupnya
a.
Pengertian
nikah, dan hikmahnya
b.
Pengertian
dan macam-macam tolak
c.
Pengertian
ruju’ dan tata cara ruju’
3.
Strategi
dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
|
Diskusi kelompok dan Presentasi
|
|
8
|
VIII
|
1.
Fiqh
Siyasah dan ruang lingkupnya
a.
Sistem
khilafah Islam
b.
Susunan
pemerintahan Islam
c.
Memilih
Pemimpin dalam Islam
2.
Usul
Fiqh dan ruang lingkupnya ;
a.
Sumber
Hukum Islam
b.
Perintah
dan Larangan dalam Hukum Islam
c.
Kaidah
Ushul Fiqh dan Penerapannya
3.
Strategi
dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
|
|
9
|
IX
|
UTS
|
|
|
10
|
X
|
1.
Meningkatkan
Kepercayaan kepada ketentuan Allah
2.
Syirik
dan Ruang lingkupnya
3.
Terjemah
dan Penjelasan Asmaul Husna
4.
Ilmu
Kalam dan Alirannya
5.
Ilmu
Tasawwuf
6.
Strategi
dan sistem pembelajaran Aqidah di MA
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
|
|
11
|
XI
|
1.
Meningkatkan
kualitas akhlaq
2.
Macam
perilaku terpuji dan manfaatnya
3.
Macam
perilaku tercela dan akibatnya
4.
Strategi
dan sistem pembelajaran Akhlaq di MA
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
|
|
12
|
XII
|
1.
Dakwah
Rasul
2.
Politik
Kepemimpinan pasca Nabi wafat
3.
Periodesasi
perkembangan Islam
4.
Strategi
dan sistem pembelajaran SKI di MA
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
|
|
13
|
XIII
|
1.
Prinsip
pengembangan KBM
2.
Prinsip
Motivasi belajar
3.
Penyediaan
pengalaman belajar
4.
Pengelolaan,
Pendekatan, Model/ Strategi pembelajaran
5.
Ketrampilan
proses pembelajaran
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk
|
|
14
|
XIV
|
1.
Pengertian
evaluasi
2.
Tujuan
evaluasi
3.
Manfaat
evaluasi
4.
Fungsi
penilaian kelas
5.
Prinsip
umum penilaian
6.
Penilaian
hasil belajar
7.
Acuan
penilaian berbasis kelas
8.
Sasaran
PBK
9.
Rambu-rambu
penilaian
10.
Teknik
penialaian PBK
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk
|
|
15
|
XV
|
1.
Rencana
Pekan Efektif
2.
Penyususnan
Program Tahunan dan Semester
|
Diskusi Kelompok dan presentasi Produk
|
|
16
|
XVI
|
3.
Pengembangan
Silabus
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk
|
|
17
|
XVII
|
Review Materi
|
|
|
E.
Komposisi Penilaian
Persentase
|
|
Ujian Akhir Semester
|
40 %
|
Ujian Tengah Semester
|
20 %
|
Tugas Mandiri
|
30 %
|
Presensi, Partisipasi
|
10 %
|
Komposisi Lain (jika ada)
|
|
Rumus Nilai Akhir Mata
kuliah, NA =(10 P + 20 UTS +
30 T + 40 UAS)
100
F.
Daftar Referensi
1. PERMENAG No.
2 Tahun 2008
2. PERMENDIKNAS
3. Text Buku
Ajar Materi MA
4. KTSP
5. Sukmadinata,
Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek
6. Muhaimin dan
Ghofir, strategi Belajar Mengajar
7. Moh. Uzer
Usman, Menjadi Guru Professional
Bojonegoro, 12 Maret 2013
Dosen Pengampu,
Ririn Isnawati, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar