ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL
CAPAIAN BERDASARKAN
ELEMEN
TUJUAN PEMBELAJARAN
No |
Capaian
Pembelajaran |
Tujuan
Pembelajaran |
1 |
Di akhir fase E, Peserta didik menjelaskan
keterkaitan antara makhluk hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan, dan
hewan yang saling bergantung satu dengan yang lain dan terhadap
lingkungannya baik berupa tanah, air,
energi. Hubungan makhluK hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai
individu populasi komunitas ekosistem biosfer. |
Peserta
didik dapat : 1. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup secara mandiri dengan tepat 2. Menjelaskan
klasifikasi makhluk hidup secara mandiri dengan tepat 3. mengidentifikasi
interaksi antar sesama makhluk hidup dengan tepat 4. Mengidentifikasi interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungan dengan
tepat 5. Mengidentifikasi
tingkatan interaksi makhluk hidup dengan tepat 6. Mendeskripsikan
konsep ekologi dalam makhluk hidup dengan tepat |
2 |
Di akhir fase E,
Peserta didik menjelaskan Aspek meliputi dasar-dasar besaran dan pengukuran,
sifat zat yang dibedakan secara kimia dan fisika, ciri-ciri dari perubahan
zat secara fisika dan kimia, serta penggolongan zat menjadi unsur, senyawa,
campuran dan cara pemisahan campuran yang bermanfaat secara ekonomis |
Peserta
didik dapat : 1. Menganalisis besaran
dan satuan dengan benar 2. Melakukan pengukuran
menggunakan alat ukur dengan baik dan benar 3. Menyatakan
sifat-sifat zat dan contohnya dengan baik dan benar 4. menganalisis
perubahan zat beserta contohnya dengan baik dan benar 5. mengklasifikasikan zat berdasarkan
unsur pembentuknya dengan baik dan
benar 6. membedakan senyawa
dan campuran dengan baik dan benar 7. memahami macam-macam
pemisahan campuran dengan baik dan benar 8. melakukan percobaan
pemisahan campuran dengan teliti dan hati-hati |
3 |
Di akhir fase E,
Peserta didik menjelaskan Aspek Energi dan Perubahannya mencakup segala
sesuatu yang berkaitan dengan kemampuan sebuah benda untuk melakukan usaha.
Energi dan perubahannya meliputi perubahan energi kimia, listrik, |
Peserta
didik dapat : 1. Peserta didik mampu
menjelaskan konsep usaha dengan baik dan benar 2. Peserta didik mampu
menganalisis perhitungan matematis terkait konsep usaha dengan teliti 3. menjelaskan konsep
energi dengan baik dan benar 4.
mampu menganalisis perhitungan matematis terkait
konsep energi |
|
kalor dan mekanik
serta energi terbarukan |
5. memahami konsep daya
dan perhitungannya dengan baik dan teliti 6. menganalisis berbagai
macam bentuk energi dan perubahannya dengan baik dan benar 7. menganalisis
perhitungan matematis perubahan energi mekanik 8. mengidentifikasikan
energi-energi terbarukan 9. membuat produk energi
alternatif |
4 |
Di akhir fase E,
Peserta didik menjelaskan Aspek arus listrik, macam-macam arus listrik, cara
menghitung arus listrik, serta sumber-sumber yang dapat menghasilkan arus
listrik. |
Peserta
didik mampu: 1. memahami pengertian
arus listrik dengan baik dan benar 2. menganalisis
perhitungan matematis terkait besaran arus listrik dan penerapannya dengan
baik dan benar 3. mengklasifikasikan
macam-macam arus listrik dengan baik dan benar 4. menganalisis arus AC
dengan benar 5. menganalisis arus DC
dengan benar 6. mengidentifikasi
sumber-sumber arus listrik dengan baik dan benar |
5. |
Di akhir fase E, peserta didik dapat menjelaskan
Aspek bumi dan antariksa berkaitan dengan materi gravitasi universal dan
hukum-hukum gravitasi yang berlaku. Struktur Bumi yang terdiri dari interior
bumi, litosfer, lempeng tektonik, dan gempa bumi. Struktur bumi meliputi
hidrosfer, atmosfer, dan medan magnet bumi. Materi ini juga
mencakup iklim, cuaca, musim, perubahan iklim serta mitigasi bencana |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan aspek
bumi dan antariksa dengan baik dan benar 2. memahami konsep
gravitasi Newton dan perhitungannya secara matematis dengan baik dan benar 3. menganalisis hukum
Kepler dan aplikasinya pada dunia antariksa 4. menganalisis struktur
bumi dan lapisan yang menanunginya dengan baik dan benar 5. memahami konsep iklim,
cuaca, musim, serta perubahan iklim dengan baik dan benar 6. menjelaskan konsep
mitigasi bencana dengan baik dan benar 7. menjelaskan Lembaga
yang menanungi bencana dengan baik dan benar |
6. |
Di akhir fase E, peserta didik dapat menampilkan
Aspek berkaitan dengan pemahaman terhadap kondisi sosial dan lingkungan alam
dalam konteks |
Peserta
didik mampu : 1. memahami tentang
kondisi social engan baik dan benar 2.
menganalisis hubungan antara kondisi social dengan
lingkungan alam dengan baik dan benar |
|
lokal dan regional, nasional, hingga global. |
3. mengidentifikasi urutan cakupan kondisi
social dari tingkatan terendah sampai tertinggi |
7. |
Di akhir fase
E, peserta didik dapat menjelaskan aspek terkait dengan pembelajaran tentang
kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik. Mempelajari konektivitas dan
interaksi tersebut untuk mengasah
kemampuan peserta didik
berpikir kritis. |
Peserta
didik mampu : 1. menjelaskan kondisi
geografis Indonesia 2. menganalisis pengaruh
kondisi geografis Indonesia terhadap aktivitas ekonomi, politik dan sosial 3. menganalisis
kemampuan berfikir kritis terkait kehidupan sosial, ekonomi dan politik di
indonesia |
8. |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat menjelaskan aspek berkaitan dengan pembentukan identitas
diri, merefleksikan keberadaan diri di tengah keberagaman dan kelompok yang
berbeda-beda, serta mempelajari dan menjalankan peran sebagai warga Indonesia
dan bagian dari warga dunia. |
Peserta
didik mampu : 1. menjelaskan interaksi
sosial dengan baik dan benar 2. menganalisis
macam-macam interaksi sosial dengan baik dan benar 3. menjelaskan tentang
pengertian sosialisasi dengan baik dan benar 4. mengklasifikasi
macam-macam sosialisasi dengan baik dan benar 5. mengaktualisasikan
diri sebagai warga negara yang baik dan benar 6. memahami peranan
warga negara dan masyarakat dengan baik dan benar |
9. |
Di Akhir fase E,
Peserta didik mempelajari tentang interaksi dan institusi sosial, peluang dan
tantangannya, mempelajari dinamika/problematika sosial, faktor penyebab dan
solusinya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi kemaslahatan
manusia dan bumi. |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan terkait
interaksi dan institusi sosial dengan baik dan benar 2. menganalisis
interaksi sosial dengan masyarakat luas dengan baik dan benar 3. memahami terkait
dinamika sosial dengan baik dan benar 4. menganalisis penyebab
terjadinya dinamika sosial dan solusi mengatasinya dengan baik dan benar 5. memahami konsep
pembangunan berkelanjutan suatu negara |
10. |
Di akhir fase E,
Peserta didik mampu menganalisis tentang Aspek yang berkaitan tentang peran
diri, masyarakat serta |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan tentang perilaku ekonomi
dengan baik dan benar |
|
negara dalam memenuhi kebutuhan bersama.
Menganalisis faktor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan, penawaran, harga
pasar, serta inflasi. Mengidentifikasi
peran lembaga keuangan, nilai, serta fungsi uang. Mendeskripsikan
pengelolaan, sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran keuangan keluarga,
perusahaan serta negara. Aspek ini menjadi salah satu ruang bagi peserta
didik agar cakap dalam hal literasi finansial sehingga dapat memberikan
kontribusi ke masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup di tingkat lokal
namun dalam perspektif global |
2. menjelaskan
factor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan, penawaran, harga pasar serta
inflasi dengan baik dan benar 3. memahami fungsi dari
Lembaga keuangan , nilai serta fungsi uang dengan baik dan benar 4. memahami pengelolaan
sumber pendapatan dan pengeluaran keuangan dengan baik dan benar 5. menganalisis konsep
kesejahteraan dengan baik dan benar 6. mengaktualisasikan
diri dan berperan di dalam masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Bersama dengan baik dan benar |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
No |
Elemen |
Materi |
Tujuan
Pembelajaran |
JP |
Assesmen |
1 |
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
|
Ciri-ciri
makhluk hidup |
Peserta
didik dapat : 1. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup secara mandiri dengan tepat 2. Menjelaskan
klasifikasi makhluk hidup secara mandiri dengan tepat |
6
JP |
- Diagnostik - Formatif - Sumatif |
Interaksi
Makhluk
Hidup |
Peserta
didik dapat : 1. mengidentifikasi
interaksi antar sesama makhluk hidup dengan tepat 2. Mengidentifikasi
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan dengan tepat |
6
JP |
- |
||
|
|
|
3. Mengidentifikasi
tingkatan interaksi makhluk hidup dengan tepat |
|
|
Ekologi |
Peserta
didik dapat : 1. Mendeskripsikan
konsep ekologi dalam makhluk hidup dengan tepat |
6
JP |
- |
||
2 |
Zat dan Perubahannya |
Besaran, satuan, dan Pengukuran |
Peserta
didik dapat : 1. Menganalisis besaran
dan satuan dengan benar 2. Melakukan pengukuran
menggunakan alat ukur dengan baik dan benar |
6
JP
|
- Diagnostik - Formatif - Sumatif |
Sifat
zat dan perubahanny a |
Peserta
didik mampu: 1. Menyatakan
sifat-sifat zat dan contohnya dengan baik dan benar 2. menganalisis
perubahan zat beserta contohnya dengan baik dan benar |
6
JP |
- |
||
Klasifikasi Zat |
Peserta
didik mampu : 1. mengklasifikasikan
zat berdasarkan unsur pembentuknya dengan baik dan benar 2. membedakan senyawa
dan campuran dengan baik dan benar |
6
JP |
- |
||
Pemisahan
Campuran |
Peserta
didik mampu: 1. memahami macam-macam
pemisahan campuran dengan baik dan benar 2. melakukan percobaan
pemisahan campuran dengan teliti dan hatihati |
6
JP |
- |
||
3 |
Usaha, Energi, dan Daya |
Usaha |
Peserta
didik mampu : 1. menjelaskan konsep
usaha dengan baik dan benar 2. menganalisis
perhitungan matematis terkait konsep usaha dengan teliti |
6
JP
|
- Diagnostik - Formatif - Sumatif |
Energi
dan Daya |
Peserta
didik mampu : 1. menjelaskan konsep energi dengan baik dan benar |
6JP |
- |
||
|
|
|
2. menganalisis
perhitungan matematis terkait konsep energi 3. memahami konsep daya
dan perhitungannya dengan baik dan teliti |
|
|
Bentuk energi dan perubahanny a |
Peserta
didik mampu : 1. menganalisis berbagai
macam bentuk energi dan perubahannya dengan baik dan benar 2. menganalisis
perhitungan matematis perubahan energi mekanik |
12
JP |
- |
||
Energi alternatif dan masa depan |
Peserta
didik mampu: 1. mengidentifikasikan
energi-energi terbarukan 2. membuat produk energi
alternatif |
6
JP |
- |
||
4 |
Pengertian arus listrik |
Pengertian
Arus listrik |
Peserta
didik mampu: 1. memahami pengertian
arus listrik dengan baik dan benar 2. menganalisis
perhitungan matematis terkait besaran arus listrik dan penerapannya dengan
baik dan benar |
12
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Klasifikasi
Arus Listrik |
Peserta
didik mampu: 1. mengklasifikasikan
macam-macam arus listrik dengan baik dan benar 2. menganalisis arus AC
dengan benar 3. menganalisis arus DC
dengan benar |
12
JP |
|
||
Sumbersumber Arus listrik |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
sumber-sumber arus listrik dengan baik dan benar |
6
JP |
|
||
5. |
Bumi
dan Antariksa |
Gravitasi
Newton |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan aspek bumi dan antariksa dengan baik
dan benar 2. memahami konsep gravitasi Newton dan
perhitungannya secara matematis dengan baik dan benar 3. menganalisis hukum Kepler dan aplikasinya
pada dunia antariksa |
12
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Struktur
dan Lapisan Bumi |
Peserta didik mampu: |
6
JP |
|
||
|
|
|
1. menganalisis struktur
bumi dan lapisan yang menanunginya dengan baik dan benar 2. memahami konsep
iklim, cuaca, musim, serta perubahan iklim dengan baik dan benar |
|
|
Mitigasi
Bencana |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan konsep
mitigasi bencana dengan baik dan benar 2. menjelaskan Lembaga
yang menanungi bencana dengan baik dan benar |
6JP |
|
||
6. |
Konektivitas
Antar Ruang |
Kondisi Sosial dan Lingkungan |
Peserta
didik mampu: 1. memahami tentang
kondisi social engan baik dan benar 2. menganalisis hubungan
antara kondisi social dengan lingkungan alam dengan baik dan benar 3. mengidentifikasi
urutan cakupan kondisi social dari tingkatan terendah sampai tertinggi |
18
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
7. |
Pengaruh Letak Geografis Terhadap Sosial
dan Budaya |
Letak geografis Indonesia dan pengaruhnya |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan kondisi
geografis Indonesia 2. menganalisis pengaruh
kondisi geografis Indonesia terhadap aktivitas ekonomi, politik dan sosial |
12
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Pemahaman
Kehidupan
di Indonesia |
Peserta didik mampu menganalisis kemampuan
berfikir kritis terkait kehidupan sosial, ekonomi dan politik di indonesia |
6
JP |
|
||
8. |
Interaksi social dan Sosialisasi |
Interaksi
Sosial |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan interaksi
sosial dengan baik dan benar 2. menganalisis
macam-macam interaksi sosial dengan baik dan benar |
6
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Sosialisasi |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan tentang pengertian sosialisasi
dengan baik dan benar |
6
JP |
|
||
|
|
|
2. mengklasifikasi macam-macam sosialisasi dengan
baik dan benar |
|
|
Peranan dalam masyarakat |
Peserta
didik mampu: 1. mengaktualisasikan
diri sebagai warga negara yang baik dan benar 2. memahami peranan
warga negara dan masyarakat dengan baik dan benar |
6
JP |
|
||
9. |
Institusi Sosial dan Dinamika Sosial |
Institusi
Sosial |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan terkait
interaksi dan institusi sosial dengan baik dan benar 2. menganalisis
interaksi sosial dengan masyarakat luas dengan baik dan benar |
12
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Dinamika
Sosial |
Peserta
didik mampu: 1. memahami terkait
dinamika sosial dengan baik dan benar 2. menganalisis penyebab
terjadinya dinamika sosial dan solusi mengatasinya dengan baik dan benar 3. memahami konsep
pembangunan berkelanjutan suatu negara |
|
|
||
10. |
Perilaku
Ekonomi
dan Kesejahteraan |
Perilaku
Ekonomi |
Peserta
didik mampu: 1. menjelaskan tentang
perilaku ekonomi dengan baik dan benar 2. menjelaskan
factor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan, penawaran, harga pasar serta
inflasi dengan baik dan benar 3. memahami fungsi dari
Lembaga keuangan , nilai serta fungsi uang dengan baik dan benar 4. memahami pengelolaan
sumber pendapatan dan pengeluaran keuangan dengan baik dan benar |
12
JP |
- Diagnostik - Formatif Sumatif |
Kesejahteraa n |
Peserta
didik mampu: 1. menganalisis konsep
kesejahteraan dengan baik dan benar 2.
Mengaktualisasikan diri
dan berperan di dalam masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bersama dengan baik
dan benar |
6
JP |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar