Minggu, 16 Maret 2014

SAP (Satuan Acara Perkuliahan) Mata Kuliah: Materi PAI MA Semester IV



A.        Identitas
1.       Data Pribadi :
a.        Nama Dosen                                : Ririn Isnawati, S.Pd.
b.       Alamat Rumah                             : Jl-Masjid No. 148 05/01 Pilanggede Balen
c.        Telp/ HP                                       : 085645726815
d.       E-mail                                            : ririn.isna@gmail.com
e.       Website/ Blog                             : http://yi2ncokiyute.blogspot.com
2.       Mata Kuliah :
a.        Kode/ Nama MK                          : BD110312/ Materi PAI MA
b.       Komponen                                   : MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
c.        Fakultas/ Prodi                            : Tarbiyah/ PAI
d.       Bobot                                            : 3 SKS
e.       Semester                                      : Genap/ 4 (Empat)
f.         Hari/ Jam/ Ruang                        : Ahad/ 15.00 – 17.30/ A 101

B.         Deskripsi Mata Kuliah dan  Metode Pembelajaran:
Mata Kuliah Materi PAI di MA merupakan komponen mata kuliah Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) dengan bobot 3 SKS yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi PAI. Dalam Mata kuliah ini dibahas materi yang berkaitan dengan penyusunan Standar Kompetensi, Kompetensi dasar materi pelajaran PAI MA, yangmeliputi mata pelajaran al-Qur’an, Hadist, Fiqh, Aqidah Akhlaq, dan SKI tingkat MA. Mata kuliah ini juga berkaiatan dengan proses penyusunan Silabi, RPE, Prota, Promes dan Standard Evaluasi pembelajaran PAI MA yang disesuaikan dengan PERMENAG RI No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Secara umum perkuliahan mata kuliah ini menggunakan strategi belajar aktif. Di sini mahasiswa bukan sekedar obyek pembelajaran, tetapi aktif terlibat dalam proses pembelajaran bersama-sama dengan dosen, aktif dalam membuat dan menyusun produk materi PAI MA. Dengan strategi ini diharapkan mahasiswa di samping memahami materi perkuliahan, juga dapat mendalami dan mempraktekkannya secara langsung sebagai bekal dalam proses pengajaran di sekolah. Untuk mewujudkan hapan ini, strategi pembelajaran yang ditempuh adalah melalui lecturing, discussion dan practicing.


C.         Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti mata kuliah materi PAI MA dan Pembelajarannya, mahasiswa memiliki kemampuan mengajar materi PAI di MA secara profesional
No
Kompetensi
Dasar
Indikator
1
Mahasiswa mampu meamahami kurikulum PAI serta pembelajarannya
1.    Menjelaskan pengertian kurikulum PAI di MA
2.    Menjelaskan tujuan kurikulum PAI di MA
3.    Menjelaskan ruang lingkup kurikulum PAI di MA
2
Mahasiswa mampu memahami materi al-Qur’an di MA dan Pembelajarannya
1.      Menjelaskan isi pokok al-Qur’an, mengidentifikasi bukti otentisitas al-Qur’an
2.      Mengidentifikasi kaidah bacaan dan hafalan al-Qur’an mengenai tema tertentu
3.      Melakukan pencarian ayat-ayat al-Qur’an menggunakan kitab yang ada
4.      Menganalisis ayat ayat al-Qur’an dari segi kosa kata, tarjamah dan kandungannya
5.      Menjelaskan strategi pembelajaran dan penilaian materi al-Qur’an di MA
3
Mahasiswa mampu memahami materi Hadist di MA dan Pembelajarannya
1.       Menjelaskan pengertian istilah-istilah Hadist, Sanad, Matan  dan kedudukan Hadist terhadap al-Qur’an
2.       Menganalisis uraian makna hadist dan membandingkannya dengan ayat al-Qur’an dan Hadist Lain
3.       Menjelaskan strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Hadist di MA
4

5
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA dan Pembelajarannya
1.       Memahami Prinsip-prinsip Ibadah dan Syari’ah dalam Islam
2.       Menjelaskan pengertian Fiqh Ibadah
a.     Menjelaskan Hukum Islam tentang Zakat dan Hikmahnya
b.     Menjelaskan Hukum Islam tentang Haji dan Hikmahnya
c.     Menjelaskan hukum Islam tentang hikmah kurban dan aqiqah
d.     Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang pengurusan Jenazah
3.       Menjelaskan hukum Islam tentang Mu’amalah
a.     Menjelaskan hukum Islam tentang kepemilikan
b.     Menjelaskan konsep perekonomian dalam Islam dan Hikmahnya
c.     Menjelaskan hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
d.     Menjelaskan hukum Islam tentang Wakalah dan Sulhu beserta hikmahnya
e.     Menjelaskan hukum Islam tentang Daman dan Kafalah beserta hikmahnya
f.      Menjelaskan tentang Riba, bank dan asuransi
4.       Menjelaskan strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
6
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Jinayah dan Fiqh Munakahat di MA dan Pembelajarannya
1.       Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup Fiqh Jinayah dan hikmahnya
2.       Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup fiqh pernikahan
a.        Nikah
b.       Tolak
c.        Ruju’
d.       Waris
3.       Menjelaskan Strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi Fiqh Jinayah dan Fiqh Munakahat di MA
7
Mahasiswa mampu memahami materi Fiqh Siyasah dan Ushul Fiqh di MA dan Pembelajarannya
1.       Mampu menjelaskan pengertian dan ketentuan pemerintahan dalam Islam dan ruang lingkupnya
a.        Menjelaskan ketentuan Islam tentang Khilafah
b.       Menjelaskan Majelis Syura dalam Islam
c.        Mendefinisikan syarat-syarat menjadi kepala negara dalam Islam
2.       Menjelaskan pengertian Usul Fiqh dan ruang lingkupnya,
a.        Mampu menjelaskan sumber hukum Islam
b.       Hukum-hukum Syari’
c.        Memahami kaidah-kaidah Usul Fiqh
3.       Menjelaskan strategi pembelajaran dan sistem penilaian materi fiqh Siyasah dan Ushu Fiqh di MA
8
Mahasiswa mampu memahami materi
Aqidah di MA dan strategi pembelajarannya
1.       Menjelaskan prinsip-prinsip dan metode peningkatan Aqidah
2.       Mengidentifikasi syirik dan akibatnya
3.       Mengidentifikasi Sifat-sifat Allah dalam Asmaul Husna dan bukti kebenarannya
4.       Menjelaskan pengertian ilmu kalam dan ruang lingkupnya
5.       Menjelaskan pengertian Tasawwuf dan ruang lingkupnya 
6.       Menjelaskan strategi pembelajaran materi Aqidah di MA
9
Mahasiswa mampu memahami materi Akhlaq di MA dan strategi pembelajarannya
1.      Menjelaskan metode peningkatan kualitas akhlaq
2.      Menjelaskan cara membiasakan perilaku terpuji
3.      Menjelaskan cara menghindari perilaku tercela
4.      Menjelaskan strategi pembelajaran materi Akhlaq di MA
10
Mahasiswa mampu memahami materi SKI di MA dan strategi pembelajarannya
1.       Menjelaskan metode dakwah Rasul
2.       Menguraikan permasalahan kepemimpinan umat pasca Nabi Wafat
3.       Menjelaskan periodesasi perkembangan Islam sejak zaman awal Islam sampai saai ini
4.       Menjelaskan strategi pembelajaran materi SKI di MA
11
Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran materi PAI di MA
1.      Peserta mampu mengaplikasikan ketrampilan proses pembelajaran
2.      Peserta mampu mengaplikasikan strategi dalam proses pembelajaran PAI
3.      Peserta mampu memilih media yang tepat dalam proses pembelajaran PAI
12
Mahasiswa dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di MA
Dan mahasiswa diharapkan dapat memahami evaluasi pembelajaran materi PAI di MA
1.      Peserta mampu memahami teori evaluasi
2.      Peserta dapat memilih jenis evaluasi yang tepat pada materi PAI
3.      Peserta dapat menerapkan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran materi PAI
13
 &
14
Mahasiswa mampu membuat perangkat-perangkat pembelajaran PAI di MA
1.      Mahasiswa dapat membuat Rencana Pekan Efektif (RPE) Promes, dan Prota
2.      Mahasiswa dapat membuat Silabus PAI
3.      Mahasiswa dapat membuat RPP Pembelajaran PAI di MA

D.        Materi dan Time Line Perkuliahan
NO
Pertemuan ke-
Materi
Kegiatan
Time Line
1
I
Introduction to Subject; SAP dan Kontrak Belajar


2
II
1.     Pengertian kurikulum PAI di MA
2.     Tujuan Kurikulum PAI di MA
3.     Ruang Limgkup Kurikulum PAI di MA
Diskusi dan Presentasi Hasil Pembentukan Indikator

3
III
1.     Pengertian pokok dan tujuan al-Qur’an
2.     Kaidah-kaidah bacaan dan hafalan ayat al-Qur’an, dengan tema:
a.        Pola Hidup Sederhana dan menyantuni dhuafa
b.       Amar Ma’ruf Nahi Munkar
c.        Ujian dan Cobaan
d.       Kewajiban Berdakwah
e.       Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
f.         Berlaku adil dan jujur
g.        Toleransi dan etika pergaulan
h.       Etos kerja
i.         Makanan yang halal dan baik
j.         IPTEK
3.     Tafsir ayat-ayat al-Qur’an dan Asbab al-Nuzul
4.     Cara menemukan ayat al-Qur’an
5.     Strategi pembelajaran dan sistem penilaian  materi al-Qur’an
Diskusi dan Presentasi,
Product

4
IV
1.       Pengertian Istilah Hadist, dari segi kualitas dan kuantitas, Sanad, Matan dan Fungsi Hadist terhadap al-Qur’an
2.       Teks Hadist Tentang ;
a.     Pola Hidup Sederhana dan menyantuni dhuafa
b.     Amar Ma’ruf Nahi Munkar
c.     Ujian dan Cobaab
d.     Kewajiban Berdakwah
e.     Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
f.      Berlaku adil dan jujur
g.     Toleransi dan etika pergaulan
h.     Etos kerja
i.       Makanan yang halal dan baik
j.       IPTEK
3.       Strategi pembelajaran dan sistem penilaian  materi al-Qur’an
Diskusi dan Presentasi,
Product

5
V
1.      Pengertian Prinsip ibadah dan Syari’ah dalam Islam
2.      Pengertian Fiqh Ibadah MA, ruang lingkup dan pembelajarannya ;
a.     Pengertian Zakat dan Hikmahnya
b.     Hukum Haji dan Hikmahnya
c.     Hikmah Kurban dan Aqiqah
d.     Pengurusan Jenazah
Diskusi kelompok dan Presentasi

6
VI
1.      Pengertian Fiqh Mu’amalah MA dan ruang lingkupnya :
a.     Pengertian kepemilikan dalam Islam
b.     Pengertian ekonomi Islam dan hikmahnya
c.     Pengertian pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
d.     Pengertian tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya
e.     Pengertian tentang Daman dan Kafalah beserta hikmah dan ruang lingkupnya
f.      Pengertian riba, bank dan asuransi beserta ruang lingkupnya
2.      Strategi dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
Diskusi kelompok
Dan Presentasi

7
VII
1.       Pengertian dan hikmah aplikasi fiqh jinayat dalam hukum Islam, dan ruang lingkupnya
2.       Pengertian Fiqh munakahat di MA, dan ruang lingkupnya
a.        Pengertian nikah, dan hikmahnya
b.       Pengertian dan macam-macam tolak
c.        Pengertian ruju’ dan tata cara ruju’
3.       Strategi dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
Diskusi kelompok dan Presentasi

8
VIII
1.       Fiqh Siyasah dan ruang lingkupnya
a.        Sistem khilafah Islam
b.       Susunan pemerintahan Islam
c.        Memilih Pemimpin dalam Islam
2.       Usul Fiqh dan ruang lingkupnya ;
a.        Sumber Hukum Islam
b.       Perintah dan Larangan dalam Hukum Islam
c.        Kaidah Ushul Fiqh dan Penerapannya
3.       Strategi dan Sistem penilaian pembelajaran materi Fiqh Ibadah dan Mu’amalah di MA
Diskusi Kelompok dan presentasi

9
IX
UTS
  

10
X
1.       Meningkatkan Kepercayaan kepada ketentuan Allah
2.       Syirik dan Ruang lingkupnya
3.       Terjemah dan Penjelasan Asmaul Husna
4.       Ilmu Kalam dan Alirannya
5.       Ilmu Tasawwuf
6.       Strategi dan sistem pembelajaran Aqidah di MA
Diskusi Kelompok dan presentasi

11
XI
1.       Meningkatkan kualitas akhlaq
2.       Macam perilaku terpuji dan manfaatnya
3.       Macam perilaku tercela dan akibatnya
4.       Strategi dan sistem pembelajaran Akhlaq di MA
Diskusi Kelompok dan presentasi

12
XII
1.       Dakwah Rasul
2.       Politik Kepemimpinan pasca Nabi wafat
3.       Periodesasi perkembangan Islam
4.       Strategi dan sistem pembelajaran SKI di MA
Diskusi Kelompok dan presentasi

13
XIII
1.       Prinsip pengembangan KBM
2.       Prinsip Motivasi belajar
3.       Penyediaan pengalaman belajar
4.       Pengelolaan, Pendekatan, Model/ Strategi pembelajaran
5.       Ketrampilan proses pembelajaran
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk

14
XIV
1.       Pengertian evaluasi
2.       Tujuan evaluasi
3.       Manfaat evaluasi
4.       Fungsi penilaian kelas
5.       Prinsip umum penilaian
6.       Penilaian hasil belajar
7.       Acuan penilaian berbasis kelas
8.       Sasaran PBK
9.       Rambu-rambu penilaian
10.    Teknik penialaian PBK
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk

15
XV
1.      Rencana Pekan Efektif
2.      Penyususnan Program Tahunan dan Semester
Diskusi Kelompok dan presentasi Produk

16
XVI
3.      Pengembangan Silabus
4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Diskusi Kelompok dan presentasi
Produk

17
XVII
Review Materi



E.         Komposisi Penilaian                                                                                                  
Persentase
Ujian Akhir Semester
40 %
Ujian Tengah Semester
20 %                                                      
Tugas Mandiri
30 %
Presensi, Partisipasi
10 %
Komposisi Lain (jika ada)

               
                Rumus Nilai Akhir Mata kuliah,       NA =(10 P + 20 UTS + 30 T + 40 UAS)
                                                                                                                                100
F.         Daftar Referensi

1.       PERMENAG No. 2 Tahun 2008
2.       PERMENDIKNAS
3.       Text Buku Ajar Materi MA
4.       KTSP
5.       Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek
6.       Muhaimin dan Ghofir, strategi Belajar Mengajar
7.       Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Professional

Bojonegoro, 12 Maret 2013
Dosen Pengampu,




Ririn Isnawati, S.Pd.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar