Sabtu, 16 Februari 2013

RPP TATA NAMA SENYAWA POLIATOMIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MA Islamiyah Balen Bojonegoro
Mata Pelajaran          : Kimia
Materi                         : Tatanama Senyawa Poliatomik
Kelas / Semester         : X/ Gasal
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu            : 2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi
2.      Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

B.     Kompetensi Dasar
2.      1. Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

C.    Indikator
1.      Menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation dan anion poliatomik.(C-1)
2.      Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa poliatomik(C-2)
3.      Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya melalui media kartu.(C-3)
4.      Memilih/menyeleksi senyawa yang terbentuk dari tabel kation dan anion poliatomik dan menamainya. (C-4)

D.    Tujuan
1.      Siswa dapat menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation dan anion poliatomik.
2.      Siswa dapat menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan  NH4­­+) dan anion poliatomik serta memberi namanya melalui media kartu.
3.      Siswa dapat menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa poliatomik

E.     Materi Inti
-     Senyawa Poliatomik Ionik
-     Senyawa Poliatomik Kovalen

F.     Sumber dan Media Pembelajaran
·         Susilowati, Endang, 2009, Theory and Application of Chemistry for Grade X of Senior High School and Islamic High School (p.105- 122 ), Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
·         Sri Juari Santosa dkk, 2006,  Kimia Kelas X Semester I untuk SMA dan MA (p. 82  -87  ), Klaten: Intan Pariwara
·         Setyawan, Fuad, Buku Evaluasi Siswa Kimia Kelas X untuk SMA/MA Semester I, Klaten: Sinar Mandiri
·         Tabel Kation anion, Tabel Senyawa Poliatomik, Compound Remi Card, Lembar Kerja Siswa
·         Presentasi Power Point, Laptop, LCD
·         Internet

G.    Metode & Model Pembelajaran
·         Penyampaian Informasi
·         Diskusi Kelompok
·         Tanya Jawab
·         Quiz

H.    Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan
Waktu
Metode
Sumber
Penilaian
01.
Kegiatan Awal





§  Apersepsi
-   Presensi siswa
-   Siswa dan guru mereview materi tatanama senyawa biner
§  Motivasi
Siswa mendengarkan informasi dari guru:
“Arti sebuah nama. Penamaan memiliki arti penting dalam kehidupan kita. Bayangkan seandainya benda-benda disekitar kita, termasuk diri kita, tidak diberi nama tentu kita akan merasa kesulitan. Bagaimana kita akan menyebut teman-teman kita yang jumlahnya sangat banyak?.
Penamaaan juga terjadi dalam ilmu kimia. Senyawa-senyawa yang ditemukan perlu diberi nama untuk memudahkan mempelajarinya. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang tata nama senyawa biner. Bagaimanakah cara penamaan senyawa kimia poliatomik?”
§  Prasyarat
Siswa mendengarkan dari guru tentang tujuan dari pembelajaran adalah agar siswa mengetahui dan mampu menuliskan nama-nama senyawa poliatomik dari tabel kation dan anion
15 minutes





Penyampaian Informasi










Pengamatan pada sikap dan respon siswa

2.
Kegiatan Inti





Eksplorasi
·         Siswa mendengarkan penyampaian materi tentang tata nama senyawa poliatomik
·         Siswa memperhatikan contoh cara penentuan dan penulisan tatanama senyawa poliatomik dengan menggunakan media kartu
·         Siswa bertanya tentang bagaimana cara penulisan tatanama senyawa poliatomik
·         Siswa membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

Elaborasi
·         Siswa mendengarkan penjelasan aturan permainan kartu senyawa kimia (Lampiran 1)
·         Siswa diberi latihan untuk menentukan dan menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation dan anion melalui permainan kartu remi senyawa dengan pengawasan guru
·         Siswa berdiskusi kelompok untuk menentukan dan menuliskan nama senyawa poliatomik yang terbentuk
·         Siswa dibimbing oleh guru dalam berdiskusi
Konfirmasi
·         Siswa menjawab quiz yang diberikan oleh guru.
·         Beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjawab quiz


20 menit













30 menit


Exploratory





Tanya Jawab







Diskusi Kelompok












Quiz


·  Buku Kimia SMA Kelas X



·  http://chem-is-try.org/tatanama-senyawa -kimia














·  Buku Evaluasi Siswa Kimia Kelas X untuk SMA/MA Semester I

Pengamatan pada sikap dan respon siswa




Pertanyaan efektif, observasi dilakukan pada 90% siswa yang aktif di kelas




Kerjasama Kelompok
3.
Kegiatan Akhir





·         Siswa dan guru membuat kesimpulan
·         Siswa mengerjakan tes evaluasi (Lampiran 2)
25
menit


Pengamatan 100%  pada siswa yang mengerjakan tes evaluasi

I.       Referensi
·         Susilowati, Endang, Theory and Application of Chemistry for Grade X of Senior High School and Islamic High School (p. 33-42), Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
·         Sri Juari Santosa dkk, Kimia Kelas X Semester I untuk SMA dan MA (p. 38- 44), Klaten: Intan Pariwara
·         Setyawan, Fuad, Buku Evaluasi Siswa Kimia Kelas X untuk SMA/MA Semester I, Klaten: Sinar Mandiri
·         http://www.unit5.org/christjs/compound%20 nomenclature%20table.html

J.      Evaluasi
Teknik Evaluasi           : Test Tulis
Instrument                   : Pilihan Ganda
Respons                       :
Kriteria Ketuntasan Minimal  =65
Kurang dari KKM (65)           = Remedial (examination)
Lebih dari nilai KKM (65)      = Pengayaan (enrichment)

K.    Materi Pembelajaran
Tatanama senyawa kimia adalah cara penamaan senyawa kimia yang sistematis dan telah disepakati secara internasional oleh IUPAC (International Union Pure and Applied Chemistry). Dengan cara penamaan yang sistematis kita akan lebih mudah menentukan nama suatu senyawa dengan mengetahui unsur yang menyusun senyawa tersebut beserta komposisinya.

Berdasarkan diagram diatas, Senyawa poliatomik ada yang merupakan senyawa ionik dan ada yang senyawa kovalen.
1.      Senyawa Poliatomik Ionik
Senyawa Poliatomik ionik terdiri dari senyawa garam poliatomik dan senyawa basa poliatomik.
a)      Tata Nama Senyawa Garam Poliatomik
Senyawa garam poliatomik adalah senyawa garam yag kation atau anionnya berupa ion poliatomik.
Contoh: NH4Cl, NaNO3 dan Na2SO4
Senyawa garam poliatomik diberi nama dengan menyebutkan nama kationnya, kemudian nama anionnya.

Rounded Rectangle: Kation + anion



b)      Tata Nama Senyawa Basa Poliatomik
Senyawa Basa poliatomik merupakan senyawa ion yang terdiri dari kation logam dan anion OH- (kecuali NH4OH).
Contoh: NaOH, KOH dan Mg(OH)2
Senyawa Basa poliatomik diberi nama dengan menyebutkan nama logamnya (kecuali NH4OH), kemudian nama ion OH- yaitu hidroksida.

Rounded Rectangle: Nama Logam + Hidroksida







2.      Senyawa Poliatomik Kovalen
Senyawa poliatomik kovalen adalah senyawa poliatomik yang partikel terkecilnya adalah molekul. Senyawa yang termasuk ke dalam senyawa poliatomik kovalen adalah senyawa asam oksi.
Contoh: H2SO4, HNO3 dan H3PO4
Rounded Rectangle: asam + nama anion poliatomikTata nama senyawa asam poliatomik (senyawa asam oksi) mirip dengan tata nama senyawa asam biner, yaitu dengan menyebutkan unsur H (asam), kemudian nama anion poliatomiknya.



L.     Instrumen
(terlampir)
Kunci Jawaban
No.
Jawaban
Skor
01.
02.
03.
04.
05.
06.
07.
08.
09.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20
C
A
B
B
A
B
B
B
A
B
A
D
C
E
B
C
A
A
E
E
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5

Total
100


                                                                                    Bojonegoro, 11 Januari 2012

Guru Mata Pelajaran Kimia                                            Peneliti


Nur Kholifah, S. Si                                             Ririn Isnawati
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Madrasah


Ali Muhtadi, S. Pd. I
NIP. 19561125 199611 1 001

Lampiran 1

Prosedur permainan Compound Remi Card adalah sebagai berikut:
1)      Jumlah Pemain dalam tiap kelompok ada 4 pemain
2)      Kartu Remi Senyawa dikocok
3)      Tiap-tiap pemain mendapatkan 4 kartu yang terdiri dari: satu kartu kation, satu kartu anion dan dua kartu angka.
4)      Tiap pemain beradu cepat menyusun senyawa kimia anion+kation dalam jumlah muatan seimbang dari kartu yang dipegang.
5)      Pemain bergilir, searah atau berlawanan dengan arah jarum jam mengambil kartu dari tumpukan kartu di tengah arena yang masih tersisa.
6)      Ketika nama senyawa belum terbentuk, satu kartu harus dibuang
7)      Pemain berikutnya bisa mengambil kartu di tumpukan atau jika cocok dapat mengambil kartu yang dibuang oleh pemain sebelumnya.
8)      Siapa cepat menyusun senyawa, dapat langsung membuka kartu dan menang.
9)      Langkah nomor 5 sampai 8 dapat diulang sampai tinggal tersisa satu pemain.

Lampiran 2                                                                                   
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (X)  pada jawaban yang benar!


1.      Senyawa basa poliatomik terdiri dari ion Ba2+ dan ion OH-. Maka akan membentuk senyawa .....
a.       BaOH
b.      Ba2OH
c.       Ba(OH)2
d.      Ba2(OH)2
e.       Ba(OH)3
2.      Rumus Kimia yang tepat untuk senyawa Kalsium Fosfat adalah...
a.       Ca3(PO4)2
b.      Ca(PO4)2
c.       CaPO4
d.      Ca(PO4)3
e.       Ca2PO4
3.      Rumus molekul untuk Asam Nitrat adalah ...
a.       HNO2
b.      HNO3
c.       H2(NO2)3
d.      H(PO4)2
e.       H3PO4
4.      Suatu senyawa garam poliatomik tersusun dari Mg2+ dan NO2-. Rumus kimia senyawa tersebut adalah ....
a.       MgNO2
b.      Mg(NO2)2
c.       Mg2(NO2)
d.      Mg2(NO2)2
e.       Mg(NO2)3
5.      Na2SO3 memiliki nama senyawa ......
a.       Natrium Sulfit
b.      Natrium Sulfat
c.       Dinatrium Sulfit
d.      Dinatrium Sulfat
e.       Natrium (II) Sulfida
6.      Tatanama yang benar untuk senyawa Al2(SO4)3 adalah .............
a.       Aluminium Sulfit
b.      Aluminium Sulfat
c.       Aluminium Trisulfit
d.      Aluminium Trisulfat
e.       Dialuminium Trisulfat
7.      Kalsium hidroksida memiliki rumus kimia.....
a.       CaOH
b.      Ca(OH)2
c.       K(OH)2
d.      Ca2(OH)2
e.       K2(OH)2

8.      Diketahui senyawa poliatomik kovalen terdiri dari anion H+ dan kation SO42-, maka dari kedua anion dan kation tersebut akan terbentuk senyawa ............
a.       HSO4
b.      H2SO4
c.       H(SO4)2
d.      H2(SO4)2
e.       H3(SO4)2
9.      Na2CrO4 memiliki nama senyawa....
a.       Natrium Kromat
b.      Natrium dikromat
c.       sDinatrium kromat
d.      Natrium (II) dikromat
e.       Natrium Tetrakromat
10.  Sodium Sianida memiliki rumus molekul... ...
a.       SCN
b.      NaCN
c.       S2S2O3
d.      Na2S2O3
e.       S2CN
11.  Apabila suatu kation K+ dan anion ClO4- beraksi, maka akan terbentuk senyawa ....
a.       KClO4
b.      K2ClO4
c.       K(ClO4)2
d.      K3(ClO4)2
e.       2K(ClO4)
12.  Nama senyawa yang terbentuk dari soal nomor 11 adalah ....
a.       Kalsium Klorat
b.      Kalium Klorat
c.       Kalsium Perklorat
d.      Kalium Perklorat
e.       Kalium Klorit
13.  Bilangan oksidasi unsur Pb=2+ dan bilangan oksidasi NO3=-1, maka rumus molekulnya adalah ... ...
a.       PbNO3
b.      Pb2NO3
c.       Pb((NO3)2
d.      Pb(NO3)3
e.       Pb2(NO3)2
14.  Rumus senyawa yang ternetuk dari ion Ba2+ dan PO33- adalah ... ...
a.       BaPO3
b.      Ba2(PO3)
c.       Ba2(PO3)3
d.      Ba3(PO3)
e.       Ba3(PO3)2
15.  Suatu senyawa mempunyai nama kimia Kalsium nitrit. Anion poliatomik yang menyusun senyawa tersebut adalah ... ...
a.       NO22-
b.      NO2-
c.       NO3-
d.      NO-
e.       NO2-
16.  Tata nama yang benar untuk senyawa NaHSO4 adalah ......
a.       Natrium Sulfat
b.      Natrium Sulfit
c.       Natrium bisulfat
d.      Natrium bisulfit
e.       Natrium tiosulfat
17.  Rumus kimia yang tepat, bila ion-ion pembentuknya NH4+, Ca2+,Al3+, Cl- dan SO42- adalah ...
a.       Al2(SO4)3
b.      CaCl
c.       NH4SO4
d.      Ca3(SO4)2
e.       AlCl
18.  Nama kimia dari (NH4)2SO4 yaitu ....
a.       Ammonium sulfat
b.      Diammonium sulfat
c.       Ammoniak sulfat
d.      Sulfat ammonium
e.       Sulfat diammonium
19.  Penamaan zat berikut yang tidak benar adalah ......
a.       NaOH=Natrium Hidroksida
b.      KNO3=Kalium Nitrat
c.       Fe(OH)3=Besi(III)Hidroksida
d.      H2SO4=Asam Sulfat
e.       Ca(NO2)2= Kalium nitrit
20.  Diketahui tabel pasangan rumus kimia dan nama senyawa sebagai berikut.
No
Rumus Kimia
Nama Senyawa
1.
2.
3.
4.
5.
Mg2(NO3)4
Na2SO4
Al2(PO4)3
K2(CO3)2
Al2(SO4)3
Magnesium Nitrat
Natrium Fosfit
Aluminium (II) fosfat
Kalium Karbonat
Aluminium Sulfat

Pasangan Rumus Kimia dan nama senyawa yang paling tepat adalah .......
a.       1                     d. 4
b.      2                     e. 5
c.       3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar