Sabtu, 01 Februari 2014

Belajar Sistem Tata Surya

Sabtu, 01 Pebruari 2013  anak-anakku kelas VI  MI. Khoiriyah Pilanggede belajar mengenai Sistem Tata Surya. Kali ini pembelajaran dilakukan di luar kelas (Out door Activity), untuk lebih meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana planet-planet yang ada di jagat raya ini berevolusi terhadap matahari maka menggunakan model pembelajaran Role Playing. Dimana beberapa siswa memainkan peranan masing-masing sesuai dengan karakter & sifat yang dimiliki oleh tiap planet. Sehingga dalam pembelajaran kali ini ada yang berperan sebagai matahari yang menjadi pusat dari tata surya kita. Juga ada yang berperan menjadi ke delapan planet yaitu: planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.



Selain ke-sembilan siswa tersebut maka siswa yang tidak kebagian peran maka mereka menjadi pengamat, apakah gerakan-gerakan yang dilakukan oleh ke-8 planet tersebut sudah benar atau belum. 


Di akhir kegiatan, saya memberikan beberapa pertanyaan yang harus mereka jawab. Dengan diterapkannya model pembelajaran Role Playing ini diharapkan para peserta didik lebih mudah untuk memahami karakteristik tiap planet dan bisa menyadari kekuasaan Allah SWT yang sungguh luar biasa. Dimana Allah SWT menciptakan Alam Semesta dengan beribu keindahan dan keteraturannya sehingga begitu sempurna.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar