Sabtu, 11 Januari 2014

Ah... Aku rindu kamu (Kota Semarang)

Sudah tepat 1,5 tahun  saya meninggalkan kota Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Saya selalu suka kota Semarang, entah kenapa aku gak tau. Tapi yang jelas kota yang terkenal dengan lumpianya ini selalu membuatku rindu. Selama kurang lebih sekitar 4 tahun saya merantau ke kota ini untuk tholabul ilmu (kuliah) di IAIN Walisongo. Selama 4 tahun pula saya mulai jatuh cinta dengan kota ini.


Kota yang terkenal dengan sebutan kota atlas ini mempunyai banyak wisata bangunan. Mulai dari Lawang Sewu yang katanya angker, Masjid Agung Jawa Tengah, Sam Poo Kong, Klenteng, Gereja Bledug, sampai Kawasan Pecinan.

Kita mulai perjalanan kita dari Lawang Sewu alias Bangunan dengan Seribu Pintu. Bangunan megah itu dibangun pada jaman Penjajahan Belanda. Bangunan ini sempat menjadi Kantor Jawatan Kereta Api Belanda. Pada perang dunia II bangunan itu direbut Jepang. Menurut cerita yang beredar, para serdadu Jepang membinasakan para Pejuang Indonesia dan sisa Tentara Belanda di bangunan ini. Cerita mistis beredar dari mulut ke mulut tentang bangunan tua yang masih tampak megah ini.


Lokasi wisata kedua yang merupakan favorit saya yaitu Candi Gedong Songo yang terletak di lereng Gunung Ungaran menjadi salah satu bukti bahwa Semarang menjadi pelabuhan tempat masuknya budaya Hindu yang dibawa oleh pedagang India pada masa lalu.


Selain itu Kota Semarang terkenal akan kelezatan kuliner peranakannya seperti Lumpia Gang Lombok, Soto Bangkong, hingga Tahu Pong. Selain kuliner peranakan, ternyata di Semarang juga terdapat toko legendaris yang menjual makanan Eropa yakni Toko Oen.


Saya selalu suka kota Semarang, entah kenapa saya tidak tahu. Tapi yang jelas kota Semarang selalu membuatku rindu.
Sudah hampir 1,5 tahun saya belum lagi ke Semarang, rindu sekali ingin kesana…
Biarpun hanya sekedar menengok kampus tercinta..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar