Minggu, 26 Oktober 2014

PERINGATAN 1 MUHARRAM 1463 H BERSAMA CIVITAS AKADEMIKA PAUD-RA-MI. KHOIRIYAH

Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriyah merupakan momentum muhasabah atau evaluasi terhadap diri sendiri. Hakikatnya adalah hijrah, namun bukan perpindahan tempat, tetapi mental, moralitas,  dan religiusitas kita sebagai bangsa. Mengubah sifat buruk menjadi lebih baik, korupsi menjadi antikorupsi, bebas nilai menjadi menjunjung tinggi nilai-nilai agama, miskin menjadi sejahtera, dan seterusnya.
Pada peringatan tahun baru  Hijriyah kali ini saya gunakan waktu saya bersama anak didik saya di MI. Khoiriyah Pilanggede Balen Bojonegoro. Di Madrasah kami setiap tahun baru Hijriyah selalu mengadakan kegiatan pawai ta'aruf dan do'a bersama.

Mari kita ambil hikmah pergantian tahun dan memperbarui sikap mental dan individu dan masyarakat. Pergantian tahun selalu mengingatkan umat pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah, kota peradaban yang semula bernama Yatsrib. Hijrah merupakan mata rantai untuk membangun tatanan kehidupan  masyarakat yang memberi jaminan dan kebebasan menegakkan akidah, menjalankan ibadah, merealisasikan ajaran Islam yang menjadi rahmatan lil al-‘alamin, kasih sayang bagi alam semesta.
Ini beberapa foto peringatan tahun baru hijriyah yang sempat saya abadikan dengan kamera pocket yang selalu menemani perjalanan:













Tidak ada komentar:

Posting Komentar