Minggu, 05 Oktober 2014

IDUL ADHA 2014

Alhamdulillah… Moment Idul Adha 2014 kali ini masih bisa berkumpul bareng keluarga. Idul adha tahun ini terlewati dengan agenda yang padat mulai dari takbir keliling berhadiah yang diadakan oleh Keluarga Besar Madin Adz-Dzakirin, persiapan Akreditasi di MTs, Istihotsah di LPI Bahrul Ulum sampai agenda bakar sate bersama di tengah malam setelah idul adha.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Keluarga Besar Madin Adz-Dzakirin Dk.Pilangsari Ds.Pilanggede mengadakan kegiatan Takbir keliling dalam rangka memeriahkan Idul Adha. Kegiatan Takbir keliling kali ini tidak hanya diikuti oleh Santri madrasah Diniyah Adz-Dzakirin saja, tetapi sebagian besar warga Dk.Pilangsari terlihat sangat antusias. Antusiasme warga sudah terlihat sejak setelah maghrib dimana halaman Madin Adz-Dzakirin sudah dipenuhi oleh Santri dan warga. Padahal di jadwal sudah tertulis bahwa pelaksanaan Takbir Keliling dimulai setelah isya.

Tepat sekitar pukul 19.00 WIB Ustadz Bahaa Uddin (Koordinator Acara) membuka kegiatan ini. Perlu di ketahui bahwa dalam Takbir keliling terdapat 5 Tim Oklik yang sudah terdaftar dalam catatan panitia lomba. Aturan dan syarat yang harus dipatuhi pun juga sangat mudah Yakni kelompok oklik dalam perjalanan takbir keliling harus selalu membunyikan tabuhan-tabuhan dan melantunkan takbir. Dari ke lima kelompok oklik memiliki ciri masing-masing. Peralatan yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari dirijen, gallon, kaleng bekas, botol aqua, kentongan sampai akar bamboo (brungki).
Sementara setiap peserta takbir keliling juga sudah mengantongi kupon yang nantinya harus disetmpel dan dikumpulkan pada kotak yang telah disediakan oleh panitia agar bisa diundi. Hadiah yang disediakan memang tidaklah mahal dan besar. Tetapi cukup banyak dan beragam (Kalau dihitung mungkin lebih dari 100 hadiah).
                Pagi hari setelah sholat Id, beberapa warga sudah stand by di depan rumah untuk memotong 2 ekor kambing yang akan dikorbankan. Nampak anak-anak kecil berkerumun
Hhhm… Terimakasih ya Allah atas kesempatan hidup yang engkau berikan sehingga hamba masih bisa bberjumpa dengan hari Idul Adha di Tahun 2014 ini…

Ini beberapa moment yang bisa saya abadikan dengan kamera pocket yang selalu saya tenteng kemana-mana:







































 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar