Rabu, 11 Desember 2013

IPA -Ilmu Paling Asyik

Minggu (01/12/2013), anak-anakku kelas 6 MI. Khoiriyah Pilanggede belajar Memahami faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.  Kali ini mereka melakukan percobaan proses terjadinya perkaratan pada besi. Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang   penyebab perubahan benda (perkaratan)  melalui  pengamatan. 

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini adalah 4 buah botol plastik, paku, air, air asam atau air jeruk dan air soda.
Mula-mula botol diberi label A,B,C dan D. 
Botol A diisi dengan aquades
Botol B diisi dengan air yang bersifat asam
Botol C diisi dengan air soda
Botol D dibiarkan kosong.
Kemudian paku dimasukkan pada tiap-tiap botol.
Biarkan selama 1 minggu.
Amati Perubahan apa saja yang terjadi pada paku.
















Seminggu kemudian tepatnya pada hari Sabtu, 07/12/2013 para peserta didik melakukan pengamatan dan juga mencatat hasil pengamatan di Lembar Kerja.  Siswa melakukan pengamatan kedua terkait dengan kondisi paku  antara sebelum dan setelah dimasukkan ke dalam botol. Di akhir kegiatan siswa menyimpulkan hasil pengamatan.






Pendalaman & penguatan tentang materi saya sampaikan diakhir session melalui konfirmasi. Alhamdulillah seluruh siswa kelas VI merasa puas dengan hasil praktikum yang telah mereka lakukan.



Dari praktikum yang dilakukan terlihat keceriaan mereka saat melakukan praktek di dalam kelas, luar biasa senangnya, bahagianya mereka dapat bermain sambil belajar tidak merasa terkekang tetapi materi tetap dapat masuk tanpa hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar