Sabtu, 31 Juli 2010

BELAJAR DARI SEPAK BOLA untuk ORGANISASI

Tim yang solid adalah sebuah cita-cita yang tidak mudah untuk diwujudkan. Betapa tidak, manusia dengan karakter, keinginan serta usia yang berbeda berkumpul dalam satu wadah guna mencapai satu juan bersama. Tak ayal lagi berbagai masalahpun bermunculan dan sering mengganggu stabilitas kelompok, sehingga tidak jarang terjadi ressufle dalam organisasi atau transfer pemain dalam sepakbola.


Sebenarnya baik dalam organisasi maupun sepak bola tidak begitu di jumpai perbedaan yang signifikan. Namun ternyata masing- masing punya karakteristik dan keunikan tersendiri. Untuk mewujudkan visi, kerjasama sangat dipentingkan dalam sepak bola. Masing- masing pemain punya tugas tersendiri dan tidak ada yang tidak penting dalam pertandingan. Kehilangan seorang pemain saja sangat berpengaruh terhadap pola permainan team sehingga kemenangan bukanlah milik seorang Cristian Ronaldo ataupun Zidan saja tetapi “KEMENANGAN ADALAH MILIK BERSAMA”

Sayangnya sebagian besar orgnaisasi tidak memiliki visi diatas, bahkan banyak individu- individu yang tidak faham terhadap visi organisasinya. Sehingga hanya bersifat “MENGEKOR SAJA” tanpa tahu dimana ujungnya. Berawal dari ketidak interest-an ini maka berlanjut pada kurangnya ghiroh untuk terlibat dalam setiap aktivitas, apalagi sampai mensukseskannya. Jadi tidak ada salahnya jika kita belajar membangun sebuah team yang solid dari dunia lain (sepak bola). Adanya tujuan yang dipahami dan menarik semua personal organisasi kelompok tersebut untuk berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar