Rabu, 19 Februari 2014

JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH SD/MI TAHUN 2014

Keputusan Pemerintah untuk meniadakan Ujian Nasional (2014) untuk menentukan kelulusan siswa Sekolah Dasar dan Madrasah adalah hasil rapat koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sebagai gantinya adalah diselenggarakannya Ujian Sekolah/Madrasah yang merupakan ujian akhir bagi para siswa SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Keputusan itu selaras dengan yang diamanatkan dalam PP 32/2013.

Selanjutnya Mendikbud bersama Mendagri, secara bersama-sama telah menyepakati anggaran untuk pelaksanaan ujian sekolah (US) jenjang SD, SDLB dan Paket A/Ula. Kesepakatan mana tertuang dalam surat edaran bersama tertanggal 9 Januari 2014 yang menyebutkan bahwa, penyediaan anggaran untuk pelaksanaan US dialokasikan pada APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota tahun anggaran 2014.

Jumat, 14 Februari 2014

GELIAT GUNUNG KELUD, BOJONEGORO DIGUYUR HUJAN ABU

Bojonegoro, Jumat 14 Pebruari 2014- Sepanjang jalanan di desa Pilanggede pagi ini gelap diguyur abu kiriman Gunung Kelud meletus. Jarak pandang masih cukup lumayan jauh, tapi debu vulkanik yang bertebaran disepanjang jalanan setebal sekitar 0,5 cm mulai cukup menganggu pernafasan . Hujan abu vulkanik bukan hanya di luar ruangan, tapi juga mulai tercium baunya sampai dalam rumah . Tidak hanya di Bojonegoro, hujan abu vulkanik dari erupsi gunung kelud ternyata juga sampai di Kecamatan Soko Kabupaten Tuban.

Rabu, 12 Februari 2014

INDONESIA TERCINTA, MILIK SIAPA?!

Bangun tidur anda minum AQUA, 74% sahamnya milik Danone perusahaan Perancis. atau mari nge-teh SARIWANGI, 100% saham milik Unilever Inggris. Anak dikasih minum susu merk SGM, milik Sari Husada 82% sahamnya dikuasai Numico Belanda. Lalu anda mandi menggunakan sabun LUX dan sikat gigi dengan pasta gigi PEPSODENT milik Unilever, Inggris.

Keluarga sarapan pagi dengan BERAS impor dari Vietnam dan Thailand. Terus masak dengan menggunakan GULA, KEDELAI, singkong dan GARAM yang juga impor.

Selasa, 11 Februari 2014

“KURIKULUM PLUS” DI MI. KHOIRIYAH PILANGGEDE




Menjadi siswa yang berprestasi dan berakhlakul karimah, itulah moto yang selalu ditanamkan kepada siswa-siswi di Lembaga Pendidikan MI. Khoiriyah Pilanggede. Madrasah yang memiliki luas tanah sekitar 371 meter persegi ini menerapkan kurikulum yang khas. Sekolah yang saat ini sudah berusia 57 tahun ini telah sukses menguji coba untuk menyatukan antara kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah dan kurikulum yang  ditentukan oleh yayasan.

Senin, 10 Februari 2014

Kelebihan & Kelemahan Kurikulum 2013



Selamat pagi para Blogger, mengamati perkembangan dunia pendidikan di Indonesia semakin tahun semakin bagus, hal tersebut tidak lain karena usaha cerdas & keras dan good cooperation dari para stake holder baik itu Depdikbud, Sekolah, guru dan para pengawas dunia pendidikan. Hal tersebut terlihat dari dikembangkannya kurikulum 2013 yang saat ini jadi momok dan pembicaraan terkini di dunia pendidikan kita. Kurikulum 2013 yang katanya merupakan penyempurnaan dari KTSP ternyata juga masih memiliki kelemahan. Adapun kali ini saya ingin mengajak para blogger semua untuk mengenal dan mengetahui Kurikulum 2013 dengan lebih dekat lagi. Ini nih beberapa referensi yang bisa kita baca:   

Minggu, 09 Februari 2014

PRAKTIKUM (LAGI) :PEMBIASAN CAHAYA

Minggu, 09 Pebruari 2014- Jam 08. 40 WIB terdengar bunyi bel pertanda bahwa pergantian jam pelajaran. Segera ku pacu langkahku keluar dari kelas VI menuju kelas V.
Pagi itu wajah ceria & penasaran terpancar dari peserta didik yang minggu kemarin saya beri pesan agar pertemuan kali ini mereka membawa minyak goreng dari rumah. Segera ku jawab raut wajah penasaran mereka dengan senyum simpul.
Yup! Hari ini kami melakukan praktikum Pembiasan Cahaya. Pembiasan cahaya adalah peristiwa penyimpangan atau pembelokan cahaya karena melalui dua medium yang berbeda kerapatan optiknya.

Sabtu, 01 Februari 2014

Belajar Sistem Tata Surya

Sabtu, 01 Pebruari 2013  anak-anakku kelas VI  MI. Khoiriyah Pilanggede belajar mengenai Sistem Tata Surya. Kali ini pembelajaran dilakukan di luar kelas (Out door Activity), untuk lebih meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana planet-planet yang ada di jagat raya ini berevolusi terhadap matahari maka menggunakan model pembelajaran Role Playing. Dimana beberapa siswa memainkan peranan masing-masing sesuai dengan karakter & sifat yang dimiliki oleh tiap planet. Sehingga dalam pembelajaran kali ini ada yang berperan sebagai matahari yang menjadi pusat dari tata surya kita. Juga ada yang berperan menjadi ke delapan planet yaitu: planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.